Saturday, June 30, 2012

CINTA KELELAWAR


Cinta kelelawar
                
               Assalamualaikum,kali saya “nychken gilang bedy s” mau berbagi cerita tentang sesuatu yang takkan pernah basi walau kena bakteri,sesuatu yang takkan pernah hilang sekalipun malam menjelang,sesuatu kata yang akan terus ada hingga akhir peradaban manusia “that is love” .semua orang pernah merasakan cinta termasuk orang gila,orang yang pernah gila,orang yang lagi gila ataupun orang yang akan berniatan menjadi gila.
           
              cinta, kalau mengingat nya berjuta kenangan kembali tergali menghadirkan simponi bahagia,luka,galau,rindu,kutil,kadas,kurap dan penyakit kulit lain-nya.saya, umumnya teman-teman mungkin atau sering merasakan cinta,saat SD merasakan cinta monyet,saat SMP merasakan cinta gorilla (SMP lebih besar dari SD = Gorilla lebih besar dari monyet) saat SMA merasakan cinta,cinta apa yah yang lebih besar dari gorilla? Cinta bapak-nya gorilla/ it’s not good,kita anggap aja cinta masa SMA, cinta kelelawar,kenapa cinta kelelawar? Berikut alasanya :”
1.   
            Saat cinta datang kita bisa terbang kaya kelelawar(nama lain-nya bahagia)
2.      Saat cinta hilang kita buta kaya kelelawar (nama lain-nya sedih)
3.      Saat cinta digantung kita terdiam merenung kaya kelelawar  (nama lain-nya galau)
           
            Pertama kali saya mengalami cinta kelelawar itu 500 tahun yang lalu,saat masa putih abu,saya menghabiskan masa putih abu di sebuah SMA yang sangat terkenal se planet cikalongwetan yaitu ‘’SMAN  1 CIKALONGWETAN” .Disana banyak cinta yang telah tercipta,banyak kenangan yang telah terukir dan banyak hutang yang belum terbayar J. Hari pertama memasuki masa MOPD ,saya bergegas masuk ke sebuah kurungan luas yang manusia sebut itu  “KELAS" disitu ada 4 pendamping kelas salah satu-nya yang paling saya ingat dan ditandai juga di cerpen ini teteh “afifah zahra”,pendamping pun  memberikan beberapa arahan akan tetapi saya tidak memperhatikan itu ,saya lebih fokus terhadap salah satu wanita titisan siti hawa yang sedang terdiam manis memperhatikan arahan pendamping bertolak jauh dengan apa yang sedang saya lsayakan, setelah waktu istirahat tiba,saya mencoba berkenalan dengan wanita yang berada di belakang saya itu.

(N= nychken ,W =wanita)

N:”assalamualaikum,nama-nya siapa kalau boleh tahu ?
W:”walaikumsalam,nama saya abdullah.#wew terobsesi KCB,panggil saja dia mutiara (nama samaran)
N:”asal sekolah-nya dari mana?
W:” dari ciamis,kalau kamu nama-nya siapa? (dengan nada lembut)
N:”dari ciamis ya?pantesan manis ,nama saya nychken.

            Setelah berbincang-bincang cukup lama akhirnya tidak terasa masa MOPD selama 4 hari pun berakhir dan waktu-nya pembagian kelas,dihati ada rasa tak menentu,ada rasa tsayat tidak sekelas akan tetapi rasa di ter tampik ke-esokan hari nya dan ternyata saya dengan dia sekelas lagi tepatnya di kelas X2,dia duduk tepat di depan saya.

N:”assalamulaikum,eh ketemu lagi
W:”walaikumsalam.iya,kok bisa yah?
N:”mungkin kita di takdirkan untuk selalu bersama
W:”(hanya tersenyum)

            Hari-hari yang terlewati di sekolah terasa semakin indah,cinta ini seperti katalisator yang menjadikan ajang untuk perbaikan diri namun disisi lain setan membuka cela untuk menjadikan cinta ini sebagai ajang baku hantam syahwat yang perlahan melanggar syariat walaupun begitu perhatian ku selalu tercurah berlebih,laksana lilin yang tak lelah memberikan terang seperti aku yang tak telah memberikan perhatian untuknya. 

·         dia berdiri, aku perhatikan
·         dia berjalan, aku perhatikan
·         dia berlari ,aku perhatikan
·         dia merangkak,aku perhatikan
·         dia merayap,aku perhatikan
·         dia mendesis,aku perhatikan #DIA WANITA ATAU SEJENIS REPTIL

            Bibir merah menghiasi senyuman-nya,warna kuning pelengkap tas,hijau pun seolah menempel di buku tulis-nya,biru seolah menyatu di derap langkah sepatu-nya menjadikan kesatuan PELANGI yang memberi warna berarti dalam kehidupanku kini,wajahnya menari-menari dalam setiap sel otakku,apakah ini cinta kelelawar yang membutakan logika sehingga akal tak lagi bekerja.

            Hari ini akhir sekolah di masa kelas X sekaligus berakhir pula pembelajaran bersama dengan dia,seperti sekolah lain-nya ,pada akhir pembelajaran di adakan pesta olahraga  yang menjadikan ajang pencaharian cinta bagi sebagian orang tidak terkecuali bagiku,ku mencari sosok mutiara di antara beratus wanita,ku pandangi lapangan sekitar,ada wanita yang lagi ngbrol dengan asyik-nya,ada wanita yang lagi guling-guling dengan merdu-nya,ada wanita yang sedang makan dengan lelap-nya namun setelah itu akhirnya ku temukan sosok mutiara yang kali ini tidak seperti biasa-nya kilau-nya tampak redup.
(N =nychken .M= mutiara.TL =teman lain)

N:”assalamulaikum,mutiara,kaya lagi sakit ya?
M:”walaikumsalam,iya dari semalam terasa ga enak badan.
N:” sebaiknya pulang aja,jangan dipaksain sekolah.
M:”pengen ya sich pulang namun yang jemput masih lama ,paling sekitar sorean.
TL:”kamu,aja yang nganter pulang-nya ken.
N:”kalau mutiara mau sich,saya bersedia,mau ga tiara saya anter pulang dari pada nunggu lama.
M:”gimana yah?

setelah percakapan yang cukup panjang untuk membujuk-nya,akhirnya dia bersedia untuk diantarkan pulang,selama diperjalanan tak ada satu kata pun yang terucap dari bibirku,gemetar seolah menjadi teman sejati selama perjalanan namun ku paksakan bibir ini untuk mengucapan beberapa frase.

N:”ga kerasa yah?tiara udah mau kelas XI lagi,rasanya baru kemarin kita seruangan waktu MOPD.
M:” iya,begitu lah waktu bagai pisau,bila kita terlena didalam-nya maka kita akan terlukai olehnya         namun jika kita bisa memanfaatkan dengan baik maka waktu akan memberikan manfaat
N:”super sekali J,pengen sekelas lagi dgn tiara
M:” aku mah ga mau akh,sekelas lagi dengan nychken ,soal-nya kalau aku sekelas lagi dengan kamu aku ga bisa mandiri selalu dibantu dalam segala pelajaran.
N:”hmmm,tapi bolehkan kalau 10 tahun lagi aku kesini untuk ngelamar mutiara.
M:” boleh....asalkan(terpotong) akhirnya sudah nyampai di rumah,alhamdulilah.kita shalat aja dulu yuk,sudah dzuhur?
N :” (dengan muka bengong) iya

Akhirnya,kami shalat bersama namun dalam setiap rakaat shalatku ini adalah shalat ternikmat yang pernah kurasakan.kusampaikan cintaku untuknya diantara sujudku,ku sampaikan cintaku untuknya kepada pemilik dari segala cinta,ku berdoa dalam shalat ku memohon untuk tingkat  kualitas imanku agar pantas bersanding dengan-nya kelak.

Kini mutiara tetap menjadi mutiara yang lebih berkilau dari mutiara sebelum-nya,kini cinta tetap menjadi cinta yang tersimpan disalah satu sudut hati

SEKIAN
NOTE:”cerita ini hanya fiksi belaka namun sebagian di ilhami dari kisah nyata penulis,semoga terhibur terimakasih kepada membaca yang sudah meluangkan waktu-nya.





Friday, June 22, 2012

CERPEN FAVORITE-KU "SIMISKIN YANG KAYA"


Hidup Shava beda dengan kebanyakan remaja perempuan lainnya. Biasanya, remaja putri sebayanya yang kebanyakan mulai mengalami pubertas, dia belum mengalaminya. Temannya semuanya sudah pernah berpacaran, tapi Shava sekali pun dia tidak pernah. Bukan karena tidak ada laki-laki yang menyukainya, tapi karena prinsip teguhnya yang tidak berpacaran sebelum lulus SMA.
Shava bersahabat dari kecil dengan Melan. Kemanapun Shava pergi pasti ada Melan, begitu juga sebaliknya. Mereka sama-sama berkerudung. Tapi, mereka sangat berbeda. Shava yang pendiam, sangat berlawanan dengan Melan yang sangat aktif. Meski begitu, mereka selalu rukun dan saling berbagi dalam hal apapun.
“Vaaaaaa.... Tebak apa yang aku bawa..” Melan berlari ke arah Shava yang baru datang ke sekolah sambil membawa secarik kertas.
“Kayaknya seneng banget deh. Emang apa sih?”
“Aku menang di lomba Melukis se-kota waktu itu!” kata Melan dengan riang gembira sambil memeluk sahabatnya itu.
“Wah, kamu hebat. Slamet ya. Aku bangga jadi sahabat pelukis handal kayak kamu.” Kata Shava.
“Haha, makasih. Ga usah berlebih gitu.”
Tiba-tiba datang Ardi. Laki-laki populer di sekolah, pemain bola tim sekolah, disukai banyak perempuan, termasuk Melan. Tapi, dia terkenal playboy dan sering menyakiti perempuan.
“Selamat ya. Kamu memang hebat.” Kata Ardi sambil menyalami Melan.
“Makasih ya. Kamu juga bagus kok main nya.” Kata Melan yang kegirangan.
“Oh iya. Kalian berdua jangan lupa nonton tim bola main ya. Besok jam 4 sore.” Kata Ardi.
“Sip, kita pasti dateng kok.” Kata Melan.
~o~
Besoknya, pulang sekolah Melan sudah sibuk menyiapkan ini itu. Padahal jam baru menunjukkan pukul 12.00 siang. Sangat berbeda dengan Shava yang santai, cuek dan berkesan tidak peduli.
“Va, anterin aku ke salon yuk. Rambut ku udah kayak singa nih.” Ajak Melan.
“Emang mau kemana?” tanya Shava.
“Mau nonton bola. Hehe.” Kata Melan.
Shava kaget mendengar Melan akan membuka kerudungnya hanya demi ingin dilihat Ardi.
“Hah? Maksudnya kamu mau buka kerudung nanti sore? Menurutku jangan deh.”
“Udah, gak apa apa. Sekali aja. Semuanya juga cuma di sekolah aja pake kerudungnya.”
“Tapi, aku ada kursus piano. Maaf ya, gak bisa anter kamu. Kita ketemu di gerbang stadion aja jam setengah 4 sore. Ok?”
“Ya sudahlah, oke deh.”
~o~
Jam sudah menunjukkan pukul 15.45 tapi Shava masih berdiri di gerbang stadion menunggu datangnya Melan. Satu per satu teman sekolahnya pun sudah masuk ke dalam stadion. Shava kaget setengah mati ketika melihat pakaian yang dikenakan teman-temannya yang bukan hanya melepas kerudungnya saja, tapi juga berpakaian yang sangat mini.
“Maaf telat, Va.” Kata Melan sambil kelelahan setelah lari cukup jauh karena terlambat.
Shava kaget karena Melan berpakaian tidak jauh dengan teman-temannya yang lain.
“Melan, kamu apa-apaan ini. Kalo kurang bahan bajunya, kan ada baju yang lain.” Kata Shava protes pada Melan.
“Ini tuh namanya hotpants, Shavarina. Lagi ngetrend nih buat ABG.”
“Mau namanya hotpants kek, hotplate kek, atau whatever lah, tetep aja jelek. Ini juga rambut keliatan begini. Jelek tau.” Kata Shava.
“Ini bukan waktunya debat soal ini, Va. Kita udah telat. Ayo masuk!” kata Melan sambil menarik tangan Shava.
~o~
Saat memasuki stadion, mereka berdua menjadi pusat perhatian banyak pasang mata di dalam stadion. Mereka semua kaget. Karena hanya Shava yang datang memakai kerudung dan tampak cantik sekali dengan rok dan kerudung birunya. Tapi, Melan menyangka semua orang itu terkagum dengan penampilannya.
“Va, tuh liat. Aku diliatin semua orang. Berarti aku bagus berpenampilan kayak gini.” Kata Melan.
Shava hanya bisa menghela nafas mengiyakan perkataan sahabat baiknya itu.Tidak hanya di kursi penonton, di kursi pemain bola pun mereka berdua juga menjadi pusat pembicaraan.
“Cantik banget tuh liat!” kata Nofan, salah satu bintang di sekolahnya yang juga akan bermain saat itu.
“Yang mana,Fan?” tanya salah satu pemain lainnya, Valdi.
“Tuh yang baru dateng!”
“Menurut kalian, mana yang menarik?” tanya Nofan pada teman-temannya itu.
“Yang pake kerudung lah! Yang satu lagi mah udah biasa. Tuh liat! Banyak banget yang kayak gitu!” kata Valdi.
“Bener, yang itu mah udah bosen. Kalo yang satu lagi itu baru bikin penasaran.” Kata Ardi kagum.
“Wah wah, tertarik dijadiin pacar juga sama lo, Di?” tanya Nofan.
“Jangan harep deh dapetin dia! Dia anak kelas gue. Namanya Shava. Dia ga pernah pacaran sekali pun selama ini. ” Kata Valdi.
“Oh iya? Serius lo?” kata Ardi.
Valdi mengangguk. Ardi tidak pernah seperti ini sebelumnya. Walaupun sudah ribuan hati dia pernah takluki, tapi itu hanya sekedar iseng.
~o~
Selama menonton permainan yang cantik, hampir semua penonton perempuan memanggil nama-nama pemain yang sedang bermain, termasuk Melan yang memanggil Ardi. Tapi Shava tampak duduk tenang sambil menyaksikan permainan. Suasana dalam stadion sangat ramai sekali. Saat Ardi menjebol gawang lawan, suasana jadi lebih meriah.
Sesaat setelah menjebol gawang lawan, Ardi melihat ke arah Shava dan Melan kemudian tersenyum. Shava kaget melihat Ardi tersenyum ke arahnya. Akhirnya dia juga membalas senyum Ardi.
“Vaaa, liat ga barusan? Ardi senyum ke aku! Hahaha, ternyata ga sia-sia aku berpenampilan seperti ini. Bisa menarik Ardi ternyata.” Kata Melan.
Shava berkata dalam hati:
“Makanya Shavarina, jangan mikir dia senyum sama kamu. Itu ga mungkin banget. Lagian dia senyum ke melan, bukan ke kamu. Lain kali ga boleh kaya gitu! Jadi malu sama sedih sendiri kan jadinya.”
~o~
Selesai pertandingan, Ardi menghampiri Melan danShava. Melan tampak senang sekali karena Ardi mendekatinya. Sedangkan Shava hanya tertunduk karena masih merasa malu karena tragedi memalukan itu.
“Mm, makasih ya kalian udah mau nonton kita main.” Kata Ardi.
“Iya, sama-sama. Kita nontonnya dengan senang hati banget. Selamat ya dah menang.” Kata Melan.
Mereka tampak canggung dan terdiam sejenak. Akhirnya mereka berkenalan satu sama lain.
“Oh iya, kenalin. Aku Melan. Ini temen aku.” Kata Melan sambil menyalami Ardi.
“Nama aku...”
Belum selesai Shava bicara, Ardi sudah memotong pembicaraan Shava.
“Shava kan? Anak IPA 1? Aku Ardi. IPA 5” tanya Ardi.
Melan dan Shava tampak kaget. Kenapa Ardi bisa tau tentang Shava. Ardi pun menyalami Shava cukup lama. Melan yang tidak suka melihat kejadian itu, coba mengalihkan pertanyaan.
“By the way, sekarang mau kemana nih? Aku mau kok nganter kamu.”kata Melan pada Ardi.
“Aku mau pulang aja. Belum ngerjain tugas tadi.” Kata Shava.
“Yah, Shavarina! Ini 2011 masih ngerjain tugas?” kata Melan.
“Udah-udah, ga apa apa. Mungkin lain kali aja. Mau dianterin pulang, Va?” Kata Ardi.
“Ga usah, aku dijemput kok. Mau bareng aku, Melan?” Kata Shava.
“Aku kan mau dianter pulang sama Ardi. Kamu duluan aja ya. Hati-Hati, Va.”
Ardi tampak kecewa. Melan tampak aneh terhadap Ardi yang begitu perhatian pada Shava.
~o~
Di dalam mobil...
“Hmp, Melan aku mau nanya sesuatu dong sama kamu!” kata Ardi.
“Boleh, boleh. Ngomong aja, Di.”
Melan sudah senyum-senyum sendiri. Dia fikir Ardi akan bertanya apakah dia mau jadi pacarnya Ardi. Melan tampak gemetar. Padahal sama sekali Ardi tidak ada niat menanyakan itu. Melan bukan tipenya. Melan sama seperti yang lain. Tidak ada bedanya. Ardi tampak melamun.
“Di? Kok melamun? Mau tanya apa?” Kata Melan
“Sorry-sorry. Nggak, ga jadi kok.” Kata Ardi.
Melan tampak kesal. Sepertinya Ardi sedang memikirkan sesuatu yangtidak diketahui oleh dirinya.
~o~
Malam harinya sudah pukul 23.00, Shava sedang sibuk dengan rumus-rumus matematika untuk persiapan Olimpiade 2 minggu lagi. Tiba-tiba handphone Shava berdering. Ternyata ada sms dari Melan.
Shavarina, sahabatku yang baik..
Hari ini aku seneng banget. Dimulai jadi pusat perhatian pas baru dateng, Ardi senyum sama aku pas bikin gol, terus bisa kenalan sama Ardi, yang terakhir aku dianter Ardi sampai rumah.
Sumpah seneng banget.. Good night yaa.. :*
Shava jadi teringat lagi dengan tragedi senyuman itu. Pipi Shava jadi merah karena malu. Akhirnya dia memutuskan untuk tidur.

KAU TULANG RUSUK-KU


Sebuah senja yang sempurna, sepotong donat, dan lagu cinta yang lembut. Adakah yang lebih indah dari itu, bagi sepasang manusia yang memadu kasih? Raka dan Dara duduk di punggung senja itu, berpotong percakapan lewat, beratus tawa timpas, lalu Dara pun memulai meminta kepastian. ya, tentang cinta.

Dara : Siapa yang paling kamu cintai di dunia ini?
Raka : Kamu dong?
Dara : Menurut kamu, aku ini siapa?
Raka : (Berpikir sejenak, lalu menatap Dara dengan pasti) Kamu tulang rusukku! Ada tertulis, Tuhan melihat bahwa Adam kesepian. Saat Adam tidur, Tuhan mengambil rusuk dari Adam dan menciptakan Hawa. Semua pria mencari tulang rusuknya yang hilang dan saat menemukan wanita untuknya, tidak lagi merasakan sakit di hati.”
Setelah menikah, Dara dan Raka mengalami masa yang indah dan manis untuk sesaat. Setelah itu, pasangan muda ini mulai tenggelam dalam kesibukan masing-masing dan kepenatan hidup yang kain mendera. Hidup mereka menjadi membosankan. Kenyataan hidup yang kejam membuat mereka mulai menyisihkan impian dan cinta satu sama lain.
Mereka mulai bertengkar dan pertengkaran itu mulai menjadi semakin panas.
Pada suatu hari, pada akhir sebuah pertengkaran, Dara lari keluar rumah. Saat tiba di seberang jalan, dia berteriak, “Kamu nggak cinta lagi sama aku!”
Raka sangat membenci ketidakdewasaan Dara dan secara spontan balik berteriak, “Aku menyesal kita menikah! Kamu ternyata bukan tulang rusukku!”
Tiba-tiba Dara menjadi terdiam , berdiri terpaku untuk beberapa saat. Matanya basah. Ia menatap Raka, seakan tak percaya pada apa yang telah dia dengar.
Raka menyesal akan apa yang sudah dia ucapkan. Tetapi seperti air yang telah tertumpah, ucapan itu tidak mungkin untuk diambil kembali. Dengan berlinang air mata, Dara kembali ke rumah dan mengambil barang-barangnya, bertekad untuk berpisah. “Kalau aku bukan tulang rusukmu, biarkan aku pergi. Biarkan kita berpisah dan mencari pasangan sejati masing-masing. ”
Lima tahun berlalu…..
Raka tidak menikah lagi, tetapi berusaha mencari tahu akan kehidupan Dara. Dara pernah ke luar negeri, menikah dengan orang asing, bercerai, dan kini kembali ke kota semula. Dan Raka yang tahu semua informasi tentang Dara, merasa kecewa, karena dia tak pernah diberi kesempatan untuk kembali, Dara tak menunggunya.
Dan di tengah malam yang sunyi, saat Raka meminum kopinya, ia merasakan ada yang sakit di dadanya. Tapi dia tidak sanggup mengakui bahwa dia merindukan Dara.
Suatu hari, mereka akhirnya kembali bertemu. Di airport, di tempat ketika banyak terjadi pertemuan dan perpisahan, mereka dipisahkan hanya oleh sebuah dinding pembatas, mata mereka tak saling mau lepas.
Raka : Apa kabar?
Dara : Baik… ngg.., apakah kamu sudah menemukan rusukmu yang hilang?
Raka : Belum.
Dara : Aku terbang ke New York dengan penerbangan berikut.
Raka : Aku akan kembali 2 minggu lagi. Telpon aku kalau kamu sempat. Kamu tahu nomor telepon kita, belum ada yang berubah. Tidak akan adayang berubah.
Dara tersenyum manis, lalu berlalu.
“Good bye….”
Seminggu kemudian, Raka mendengar bahwa Dara mengalami kecelakaan, mati. Malam itu, sekali lagi, Raka mereguk kopinya dan kembali merasakan sakit di dadanya. Akhirnya dia sadar bahwa sakit itu adalah karena Dara, tulang rusuknya sendiri, yang telah dengan bodohnya dia patahkan.
“Kita melampiaskan 99% kemarahan justru kepada orang yang paling kita cintai. Dan akibatnya seringkali adalah fatal”

ALL ABOUT LOVE


Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur? ketika kita menangis? ketika kita membayangkan? Ini karena hal terindah di dunia tidak terlihat. Ketika kita menemukan seseorang yang keunikannya sejalan dengan kita, kita bergabung dengannya dan jatuh ke dalam suatu keanehan serupa yang dinamakan Cinta.

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan, seseorang yang tidak ingin kita tinggalkan, tapi melepaskan bukan akhir dari dunia, melainkan awal suatu kehidupan baru, kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis, mereka yang tersakiti, mereka yang telah dan tengah mencari, dan mereka yang telah mencoba. Karena merekalah yang bisa menghargai betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka.

Cinta yang sebenarnya adalah ketika kamu menitikkan air mata dan masih peduli terhadapnya, adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia. Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum dan berkata ‘aku turut berbahagia untukmu’.

Apabila cinta tidak bertemu, bebaskan dirimu, biarkan hatimu kembali ke alam bebas lagi, kau mungkin menyadari, bahwa kamu menemukan cinta dan kehilangannya, tapi ketika cinta itu mati kamu tidak perlu mati bersama cinta itu.

Orang yang bahagia bukanlah mereka yang selalu mendapatkan keinginannya, melainkan mereka yang tetap bangkit ketika mereka jatuh, entah bagaimana dalam perjalanan kehidupan, kamu belajar lebih banyak tentang dirimu sendiri dan menyadari bahwa penyesalan tidak seharusnya ada, cintamu akan tetap dihatinya, sebagai penghargaan abadi atas pilihan2 hidup yang telah kau buat.

Teman sejati, mengerti ketika kamu berkata ‘aku lupa.. ‘ Menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘tunggu sebentar’. Tetap tinggal ketika kamu berkata ‘tinggalkan aku sendiri’. Membuka pintu meski kamu belum mengetuk dan belum berkata ‘bolehkah saya masuk?’ Mencintai juga bukanlah bagaimana kamu melupakan dia bila ia berbuat kesalahan, melainkan bagaimana kamu memaafkan. Bukanlah bagaimana kamu mendengarkan, melainkan bagaimana kamu mengerti, bukanlah apa yang kamu lihat, melainkan apa yang kamu rasa, bukanlah bagaimana kamu melepaskan, melainkan bagaimana kamu bertahan.

Lebih menyakitkan menangis dalam hati dari pada menangis tersedu atau mengadu, air mata yang keluar dapat dihapus, sementara air mata yang tersembunyi menggoreskan luka dihatimu yang tidak akan pernah hilang.

Sayang dalam cinta, kita sangat jarang peduli, tapi ketika cinta itu tulus, meskipun kau acuhkan, cinta tetap mulia, dan kamu seharusnya berbahagia, hatimu dapat mencintai seseorang yang kau sayang. Mungkin akan tiba saatnya dimana kamu harus berhenti mencintai seseorang, bukan karena orang itu berhenti mencintai kita melainkan karena kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya.

Namun bila kamu benar2 mencintai seseorang, jangan lepaskan dia, bila dia tak membalasmu, barangkali dia tengah ragu dan mencari, jangan percaya bahwa melepaskan berarti kamu benar2 mencintai tanpa suatu balasan, mengapa tak berjuang demi cintamu? mungkin itulah cinta sejatimu.
Kadang kala, orang yang paling mencintaimu adalah orang yang tak pernah menyatakan cinta padamu, karena takut kau berpaling dan memberi jarak, dan bila ia suatu saat pergi, kau akan menyadari ia adalah cinta yang tidak kamu sadari.

Maka mengapa kau tak mengungkapkan cintamu, bila kau memang mencintainya, meskipun kau tak tahu apakah cinta itu ada juga padanya? Mencintai Seseorang dengan tulus ialah menerima keadaannya dalam suka maupun duka.

KURELAKAN BAHAGIAKU DEMI SAHABATKU


Pagi itu, aku terbangun dengan mata yang sembab dan membengkak. Semalam aku menangis di kamar sampai ketiduran. Entah berapa lama aku berderai air mata. Yah, aku baru saja mengalami kejadian yang membuat aku begitu sakit. Seorang cowok yang tanpa sengaja masuk dalam kehidupanku kini malah menghancurkan semuanya......

Aku mengenal Dimas dari Santi,teman dekatku. Kebetulan tiap malem Dimas latihan silat di samping ponpes tempat ku mengaji kala malam hari. Awalnya aku biasa aja dengan kehadirannya. Ga ngefek sama sekali. Tapi hari-hari berikutnya Dimas memulai kedekatan kami dengan sekedar menitip salam padaku. Ga ada yang spesial memang. Tapi hari-hari ku kini mulai terasa indah dengan keberadaanya.

Hanya saja kebahagiaan itu tak berlangsung lama. Disaat aku mulai menyukainya, tak ku sangka Dimas malah nembak Santi. Aku bener-bener ga tau harus berbuat apa. Tentu saja aku tak bisa menyalahkannya karna ini memang hak mereka. Aku mencoba  ikhlas dengan hubungan mereka. Aku berusaha tegar dan mendukung hubungan mereka meski sebenarnya hati ku begitu sakit. Itu semua aku lakukan karna aku masih menghargai Santi sebagai shbat ku. Aku memilih mengalah daripada harus kehilangan sahabat ku hanya karna seorang cowok. Meski hati kecil ku masih tetap mengharapkan Dimas.

Meski pacaran ama Santi,tapi nyatanya tetep aja Dimas ga pernah absent menghubungi ku. Entah sms atau pun telpon. Aku bingung harus bersikap gimana. Karna rasa ikhlas ku lah yang kini menuntunku untuk tetap berhubungan dengan dimas. Jujur saat itu aku benar-benar  telah merelakan Dimas.

Jadi apa salahnya jika aku menerima telpon dan smsnya. Sayangnya pikiranku masih terlalu cetek untuk menyikapi hal itu.  Tentu saja kedekatanku dengan Dimas yang telah ku anggap “teman” itu membuat Santi cemburu. Ia mengira Dimas selingkuh. Dan aku lah selingkuhannya! Kini antara Aku dan Santi serasa ada pemisah yang membuat kami tak lagi bisa seakrab dulu. Ada rasa canggung saat kami ngobrol,seperti orang yang baru kenal.

Hampir  2 tahun lamanya aku tak pernah bertemu lagi dengan Dimas sejak saat itu. Ia tak pernah lagi menghubungiku,atapun Santi. Dimas seperti menghilang di telan bumi. Akupun perlahan bisa menghapusnya dari ingatan ku dan Santi juga telah kembali seperti sedia kala,meski sekarang ia agak tertutup soal cowok.

Kini hari-hari ku semakin berwarna setelah berhasil lolos seleksi dan masuk di SMK favorit di kota ku. Yah,menjadi anak baru tentunya bukan hal yang gampang. Karna aku termasuk anak yang sulit beradaptasi. Aku terlalu cuek dengan apa yang ada di sekitar ku. Namun kini aku telah memiliki beberapa teman akrab.

Tapi hanya satu yang kurasa telah benar-benar akrab. Namanya Putri. Dia temen sebangku ku. Anak nya cukup asyik, meski terkadang ada saat-saat dimana  aku merasa muak padannya. Ada bberapa sifatnya yang tak ku suka. Dia terlalu pede dan kalo ngomong ato ngpapa’’in asal jeplak aja!uukh..yang paling bikin aku sebel saat bersamanya, ngeliat cowok ganteng dikit aja langsung dah tuh kaya ikan kena pancingan. Klepek-klepek ga jelas! Mending kalo di niatinama satu cowok. Nah ini.. tiap ada cowok selaluu aja tingkahnya gtu. Bikin aku tambah mual. Tapi mo diapain juga dia tetep temen terbaik ku(untuk saat ini).

Entah mimpi apa yang ku dapat semalem, pagi itu aku shock setengah mati denger cerita putri soal cowok barunya. Cowok itu... Dimas!! Dimas yang ku kenal bberpa tahun lalu. Yang telah hilang dari kehidupanku setelah menorehkan luka di hati ku. Aku tak habis pikir! Aku memang telah mengenalkan putri pada temen ku yang posisinya juga sbg temen deketnya Dimas.  Tapi aku ga pernah mikir semua ini bakal salah alamat. 

Justru Dimas lah yang kini berpacaran dengan putri. Oh god!! Semoga waktu sedang bercanda..! aku ga mau kejadian itu terulang kembali. Aku takkan sanggup jika harus mengulangnya. Berpura-pura tegar seperti dulu. Aku muak!! Tapi kenyataanya kini,mereka memang pacaran. Tak ada yang bisa ku lakukan selain merelakan mereka. Sama seperti yang ku lakukan dulu. DEMI SAHABAT,!!  T,T
oo0(^_^)0oo

Doa ibu


Sebuah puisi Ibu dengan judul  Do'amu Ibu puisi terbaru dari saya untuk Anda yang mungkin sedang mencari puisi dengan tema puisi Ibu. Dengan maraknya karya puisi dari temen-temen , ini saya mencoba meramaikan khasanah perpuisian Indonesia, dan ini bisa menambah semarak seni sastra dinegeri kita tercinta. Nah, semoga bermanfaat dan selamat membaca puisi Do'amu Ibu.






DO'AMU IBU




Ibu...!
Aku tahu...
Semua letihmu itu tulus
Dan...akupun tahu
Bukan apa-apa yang engkau ingin
Engkau tak pernah inginkan apa-apa


Ibu...!
Dulu engkau pernah bilang
Cepatlah besar anakku !
Jadilah engkau orang besar
Yang membesarkan hati Ibu


Ibu...!
Semua hebatku
Tak kan pernah ada
Tanpa ikhlas pengorbananmu


Ibu...!
Sabdamu adalah do'a
Do'a yang nyaring terdengar
Dan pasti... didengar !


Bukan gelimang harta tuk membalas
Bukan pula, tahta dan mahkota
Bhakti, taat... menjaga hati
Itu saja...cari dan mesti kau beri 




By: Wong alasan




TERIMA-KASIH..IBU





IBU...rambutmu kini sudah mulai memutih
Kulitmu tak lagi kencang
Penglihatanmu tak lagi terang
Jalanmu kini sudah mulai goyang


Namun..apa yang terlihat
Semua itu tak pernah engkau rasakan
Semua itu tak pernah engkau pedulikan
Aku paham, semua itu demi anakmu


Sepanjang jalan engkau mengais rejeki
Sepanjang waktu engkau berhitung
Berapa laba kau dapat hari ini
Tuk membayar semua letihmu


Engkau tak lagi dapat membedakan
Mana siang, mana malam
Semangat mengalahkan gemetar kakimu
Dan segala rasa lelahmu


Ini semua...untuk siapa?
Hanya untuk anakmu
Anak yang engkau impikan menjadi orang hebat
Mencapai setumpuk asa


IBU...sampai kapanpun,
Anakmu tak kan pernah lupa
Atas semua jasa, do'a dan derita
Keringat yang engkau cucurkan


IBU...engkau sudah terlalu besar, berkorban
Hanya surga yang pantas membayar tulusmu
Hanya Tuhan yang pantas menjagamu
Dunia dan akherat...


IBU...
Anakmu kan selalu merindumu
Do'a di setiap hembus nafas ini
Terima kasih...IBU, untuk semua ikhlasmu


By: Wong alasan     








ENGKAULAH SURGAKU




Hari ini aku bertanya
Untuk diriku sendiri
Sederhana, tapi tak sesederhana itu
Untuk menjawabnya


Butuh waktu
Perjuangan
Kesungguhan
Entah...apa lagi


Tanya yang harus ku jawab
Dengan, benar..pasti
Hingga ku yakin
Itu...pasti benar


Tuhan..Engkau bilang
Surga ditelapak kaki ibu
Makna yang terbalut bahasa
Yang sulit ku terjemahkan


Biarkan ku coba mencari
Mulai hari ini..dan seterusnya.
Hingga kuberhenti
Kudapati semua jawab


Ibu...
Ijinkan aku mencari Surgamu
Yang masih rapat...tersimpan
Diantara rimbun belantara hidup


Ibu...
Kumohon petuahmu
Apa kan kubuat
Untuk bahagiamu


Ibu...
Tunjukkanlah
Arah mana kan ku tuju
Timur, selatan, barat atau utara
Tuk kudapat ungkap semua-jawab


By: Wong Alasan









BUNDA





Bunda...
Bunda...
Usiamu kini tak lagi muda
Tapi aku jua belum bisa apa-apa


Bunda...
Bunda...
Kakimu tak sekuat dulu
Menopang tubuh dan juga aku dikala mengandungku


Bunda...
Bunda...
Tak ada yang berubah dari kasih dan sayangmu
Meski mataku terbelalak namun tak sesadar itu


Bunda...
Bunda...
Lidahmu penawar segala sakitku
Dan tamparmu penyadar hidayahku


Bunda...
Bunda...
Tak ada yang sepadan sebuah kata kias
Karna hanya '' BUNDA '' itu jua yang pas

Thursday, June 21, 2012

SUSAHNYA JADI COWOK (VERSI SAYA)

Assalamulaikum,kali ini saya “Nychken gilang bedy s” mau berbagi pengalaman pribadi tentang susahnya jadi sesosok cowok atau pria atau ikhwan atau laki-laki atau buaya atau harimau #uft lebih kaya binatang ya.

 1)cowok adalah species yang paling tersiksa di rumahnya #loch tersiksa kenapa? Temen-temen mungkin pernah atau bahkan sering denger kalimat ini dari ibu anda dirumah:”

·        Kok cowok ga bisa benerin genteng
·        Kok cowok ga bisa main gitar
·        Kok cowok ga bisa naik motor
·        Kok cowok ga bisa makan beling
·        Kok cowok ga bisa hamil #ngaco
Nah loch banyak kan tuntunan keahilan yang harus dikuasai species cowok .

2) cowok itu ga boleh nangis

Cowok ga boleh nangis adalah pernyataan yang sulit saya setujui karena berbagai alasan yang super duper rasional,berikut uraian alasan-nya:”
1.      Misalkan seorang cowok lagi minum spirit terus botolnya ke telen,apakah dia ga boleh nangis?
2.      Misalkan sesosok cowok lagi naik genteng terus jatuh tepat diatas bambu runcing ,apakah dia ga boleh nangis?
3.      Misalkan sepucuk cowok lagi galau terus nyanyi lagu “ C.I.N.T.A”,apakah dia ga boleh nangis?
4.       Dan yang terakhir  misalkan ada species cowok,minta uang ke mamah-nya ,terus ga dikasih,apakah dia ga boleh nangis?
Cowok itu boleh nangis tapi jangan terlalu sering nangis maximal nangisnya 3 x sehari ,udah cukup


3) cowok harus menyatakan cinta duluan

Menyatakan cinta,huh kenangan pahit kembali terbersit bagi si penulis.menyatakan cinta itu sulit seperti kita lagi berenang terus kaki ikat dan ditambahin beban 50 kg sambil dikejar hiu .selain sulit bagi species cowok untuk menyatakan cinta,menyatakan cinta juga penuh resiko tinggi,mau tahu resiko menyatakan cinta,berikut resiko-nya:”
1.      Ditolak –galau-stress-bunuh diri –masuk neraka (gara-gara ditolak bisa masuk neraka)
2.      Malu-ngumpet di lemari es-kedinginan-mati (tuch mati lagi kan)
3.      Tegang-keluar busa dari mulut-kejang-kejang-mati(gara” tegang mau menyatakan cinta jadi mati)
4.      Sering di tolak-jadi ga suka cewek-mulai maen ma cowok-jadi homo (serem dech cin)
Banyakan resiko menyatakan cinta,ada yang sampai menyebabkan kematian.
#bagi kalian kaum akhwant kali-kali atuh mengucapkan cinta duluan kan sekarang jaman-nya emansipasi

4) harus nangung biayai pacaran sampai pernikahan


·        Fase pacaran
“Cowok bukan makhluk terkaya di dunia tapi rela menjual celana demi membeli boneka untuk wanita yang di cinta”
Kata so sweet +tragis diatas sudah mengambarkan betapa menderitanya species cowok,cowok rela ga pake celana demi membelikan boneka shaun the sheep yang digandrungi kaum hawa itu.
Waktu ulangtahun kekasih-nya,sebagian populasi cowok bingung mau memberi apa?sementara didompet dia hanya punya uang seribu,dia rela meminjam uang krentenir demi memberikan hadiah ke wanita yang ia cinta.

·        Fase pernikahan
“ku jual semua yang ku punya demi menikahi-mu”
Kata tragis diatas sungguh buat sebagaian cowok dilema.kita maen itung itungan yuk?biayai pernikahan dan setelah pernikahan
Biayai pernikahan paling minimal 10 juta
Biayai membeli rumah +vournitur 30 juta
Jumlah 40 juta,sementara di dompet species cowok Cuma ada uang “pahlawan pattimura”.betapa galau sementara disisi lain kalau cowok tinggal di perumahan “mertua permai” dia akan mendapati berbagai petuah yang membuat kuping ekstra panas.

5)cowok ga boleh selingkuh dan harus setia

Ada sebuah survei menunjukan perbandingan wanita dan pria di dunia 1:3,kalau di indonesia 1:5 lebih banyak kaum wanita,nah dari survei tersebut pun sudah terlihat jelas,cowok harus selingkuh #please jangan timpuk aku.tenang kaum wanita jangan dulu marah ,saya punya berbagai alasan yang tidak rasional kenapa cowok direkomendasikan untuk mendua,mentiga atau menempat,berikut alasan’a:”
1.      Kalau cowok tidak memiliki kekasih lebih dari 1,kasihan dong cewek” lain ga punya kekasih #stock cowok terbatas ,1 cowok untuk 5 cewek kalau di indonesia.inget 1 :5
2.      4 dari 5 akhwant /cewek pada galau di malam minggu #inget 1 :5
3.      Banyak terjadi kejahatan pada wanita,loch kenapa?inget lelaki adalah pelindung wanita sementara 4 dari 5 akhwant ga punya pelindung :D #inget 1:5
4.      Pertumbuhan penduduk menurun,loch kok bisa? Inget aja 1:5 :D

Sebenarnya masih banyak lagi penderitaan species cowok yang sama sekali tidak diketahui cewek bahkan terlalu banyak untuk diuraikan.
Sekian tulisan saya kali ini semoga tidak bermanfaat :D


Wednesday, June 20, 2012

K3(Kuliah,Kerja,Kawin)



Asssalamulaikum, saya mau berbagi cerita tentang kisah seorang yang masih penganguran LABIL yang tidak bisa membedakan antara “kunyit dan jahe “.”ketuncar dan kemiri”.”bedak dan terigu” tapi ahli dalam membedakan yang cantik dan bohay :D.
               Kuliah ,kerja, kawin, bagi saya itu suatu siklus yang paling  males saya jalani apa lagi denger kata kuliah dan kerja uwih merinding banget.pengen rasanya kalau bisa nawar saya ga mau kuliah dan kerja, langsung aja nikah tapi itu pemikiran bodoh ala penganguran labil yang ga mau maju . kuliah,saya sering membayangkan jadi mahasiswa yang pake almamater terus dikerubutin cewek,tinggal di kosan yang kamar-nya ekstra acak-acakan,makan mie tiap hari sampai perut buncit dan kemudian perut buncit pecah setelah itu mati.#itu alesan aku ga mau kuliah.

               Kerja,selintas enak yah?kalau sudah kerja punya uang tiap bulan atau tiap minggu tapi setelah mencari beberapa informasi dari sumber yang tidak percaya,kerja itu paling ga enak,berangkat subuh lalu dengan seenak-nya supervaisor nyuruh kita yang ga masuk akal semisal nyuruh kita merayap dari lantai 1 ampe lantai 12 terus dari lantai 12 itu kita loncat kemudian mati seketika #itu alesan aku ga mau kerja.tapi meskipun begitu saya tetap harus menjalani siklus K3(kuliah,kerja dan kawin)

Tanggal 12 juni 2012,itu saatnya SNMPTN(seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri).Sebelum SNMPTN saya rasa PMS meradang diperut #kok cwok PMS? Eitssss PMS disini bukan pra menstruasi siklus tapi PMS disini yaitu “Perut Mules Sekali” tapi meskipun mules dengan semangat 45 saya segera bergegas menuju SMP 4 Penabur (lokasi test),sesampai-nya disana saya hanya mencari 1 hal #mana wanita cantik,mana wanita cantik :P . dan ternyata setelah see around,banyak banget akhwant-akhwant yang unyu-unyu disana sehingga menyebabkan pikiran pun jadi fresh

Just intermezo”menurut survei, memandang suatu keindahan dapat meningkatkan 40 % kinerja otak”
Bukan-kah kecantikan wanita adalah suatu keindahan

SNMPTN hari pertama pun selesai dengan jerih payah menahan PMS selama mengerjakan soal-soal,sesampai-nya dirumah yang pertama dicari adalah WC ,seolah-olah WC menjadi tempat favorite saya selama 2 hari itu,230-200+23*1 kali saya bolak-balik WC tanpa lelah dan walhasil dengan perasaan sedih+kecewa,SNMPTN hari ke 2 ,saya tidak bisa mengikuti –nya dikarenakan kondisi badan yang ekstra lemas #peluang kuliah menipis,SNMPTN dipastikan tidak lolos gara-gara makan keripik kebanyakan
Advise : bagi yang mau ujian tulis apapun,please dengan sangat,jangan makan keripik pedas itu BERBAHAYA

               2 hari berselang setelah kejadian yang sangat mengecewakan itu,ada prospek yang lain coba akan saya ambil dengan ambisi menghasilkan uang,kerja itulah prospek-nya,persiapan lamaran sudah fix 100 %,15 juni 2012 keberangkatan saya menuju tempat interview kerja “jalan sunda no 83”,sebelumnya,diketahui saya adalah pemabuk berat dengan rekor mengagumkan,berikut rincian rekor-nya :
§  Cikalong –rende (1xmuntah)
§  Cikalong-padalarang(2xmuntah)
§  Cikalong-jakarta(2 ½ x muntah)
§  Cikalong-palembang(muntah terus ampe lemes)
               Singkat cerita saya sampai di jalan sunda dengan rekor 2 X muntah saja,saya merasa bangga dengan prestasi muntah yang mengalami penurunan akan tetapi saya mengamati anak kecil berusia sekitar 7 tahun dari cikalong sampai bandung,dia tidak menderita gejala mual apalagi muntah.saya curiga dia alien dari planet jupiter yang menyamar menjadi manusia,hanya alien yang tidak muntah saat naik angkot atau sebaliknya hanya alien yang muntah saat naik angkot #bingung.

               Jam 9,saya tiba di jalan sunda lalu saya bergegas mencari gedung nomber 83 dan menghampiri satpam-nya .pak kalau yang mau ngelamar jam berapa ? jam 2 siang de.jam 2 siang gila aje ini masih jam 9 pagi,coba temen-temen bayangkan ,5 jam dikota bandung dengan uang hanya 10 rb itu sudah termasuk ongkos#bayangkan please bayangkan betapa menderita-nya diriku.haus mulai terasa ditenggorokan,dengan berjalan kaki sekitar satu KM akhirnya saya menemukan masjid kebetulan adzan tercinta sudah berkumandang,sebelum melaksanakan shalat,kebetulan saya membawa botol air mineral kosong dan kebetulan juga dimasjid itu ada dispenser dengan sigap +muka aga kelihatan kaya maling,saya memindahkan isi air di dispenser ke dalam botol kosong setelah aksi pencurian air itu saya segera shalat dan bertobat.

               Akhirnya jam pun menunjukan angka 2,+200 pelamar pun dipersilakan masuk menuju gedung untuk melakukan interview,saya lihat sekilas pelamar lain dengan postur tubuh tinggi bagikan pinang menjulang sedangkan saya bagaikan karung beras 25 kg namun rasa pede masih menghingapi.4 jam setelah rangkaian interview yang cukup panjang,ada satu kata yang membuat terhening selama 30 menit ,berikut kata-kata bijak dari HRD-nya “sekarang gilang pulang dulu ya,kalau saja TB 7 cm lebih tinggi mungkin bisa mengisi lowongan yang tersedia tapi kalau kami butuhkan gilang,saya akan hubungi lagi”
              
 Sudah lah mungkin bukan rejeki-nya,kata itu yang selalu bergumam dihati akan tetapi ada beberapa hal yang membuat otak saya hampir pecah,
§  Ini jam 6 malam di kota bandung
§  Uang Cuma 10 rb
§  Pulang ga tahu jalan dengan benar
§  Naik kereta,apakah masih ada?
Dengan pemikiran semi gila ,saya memutuskan untuk jalan kaki dari BIP sampai stasiun kereta cikudapateh yang jarak-nya berkisar 4 km di suasana malam hari,sesampai-nya stasiun segera saya beli karcis cikudapateh-cicalengka dengan rencana darurat saya ialah menginap dirumah nenek yang ada dimajalaya, 13 km dari cicalengka.sesampai-nya dirumah nenek sekitar jam 9 malam dengan perjalanan ekstra horror yang pernah saya lakukan akhirnya saya istirahat untuk mengakhiri hari yang sungguh berat.

               Keesokan hari ,saya memutuskan untuk pulang ke cikalong,diperjalanan menuju pulang, saya amati angkutan umum yang mungkin menjadi korban kemuntahan dari kemabokan saya,didalam angkutan umum itu terdapat,2 ibu-ibu,3 orang pelajar dan 1 teteh-teteh umur-nya saya taksir 20-23 tahun dengan wajah cantik,pakaian rapih +berjilbab modern ala akhwant-akhwant metropolisan karena termotivasi untuk tidak muntah dihadapan teteh itu ,saya mencoba sekuat tenaga menahan rasa mual ditenggorokan namun sungguh sayang,pertahanan saya jebol didaerah padalarang,akhir-nya saya muntah disamping teteh cantik dan kaya-nya dia pun terkena cipratan muntah dengan nada sedikit jijik teteh itu menyodorkan fresh care kepada saya,dihatipun bergumam”udah dimuntahin masih aja baik,muntahin lagi ah biar baik-nya ga setengah-setengah” namun gumaman itu buyar sudah,teteh cantik itu pun turun disekitar padalarang dengan tak sempat mengembalikan fresh care-nya ,saya merasa sangat bersalah telah memuntahi dia,pasti sesampai-nya dirumah,dia mandi kembang 7 rupa karena rasa jijik yang menahun.

               Namun akhirnya dengan selamat sentosa ,saya sampai dirumah dan sampai saat ini masih terasa pusing dan mual karena perjalanan super gokil untuk mencari serpihan uang.

Note:bagi teman-teman yang telah meluangkan waktu-nya untuk membaca cerita aneh ini,saya ucapkan terima kasih banyak,jangan lupa komentar anda atas cerpen ini,saya sangat tunggu.doakan juga ya?semoga saya diberikan rezeki buat melanjutkan ke jenjang perkuliahan dan doakan saya juga supaya cepat kerja agar tidak menjadi penganguran labil,terima kasih atas semua-nya