Tuesday, September 11, 2012

Koran bisa dimakan


Kalau Di Indonesia Sampah Koran Masih Menjadi Masalah. Kini Di Inggris Koran Pun Dapat Di Makan.
Heston Blumenthal Seorang Ilmuan Yang Menciptakan Koran Dapat DI Makan Setelah Kamu Membacanya.



Koran saat ini walaupun sudah mulai tergerus dengan informasi digital namun tetap menjadi media yang diandalkan untuk penyebaran informasi. Koran merupakan media old fashioned yang masih ampuh untuk mengungkap seluruh pemberitaan yang ada di dunia. Biasanya ketimbang media online, koran lebih detail dalam memberitakan sebuah informasi. Biasanya setelah dibaca koran akan dibuang atau ditumpuk serta bisa dimanfaatkan untuk dijual kiloan.


Namun koran yang ini berbeda dari koran lainnya dan amat luar biasa. Sebuah koran yang yang terbit di Inggris bekerja sama dengan para ahli makanan membuat terobosan baru yaitu membuat koran yang bisa di makan. Perusahaan penerbitan koran tersebut membuat koran yang bisa dimakan sehingga setelah dibaca pembaca koran bisa langsung melahap koran tersebut. Adapun yang berperan besar dalam mewujudkan ide unik tersebut adalah Heston Blumenthal seorang ilmuwan kuliner. Membuat koran yang bisa dimakan adalah obsesi buatnya.
Ternyata rasa koran ini sungguh lezat, para pembaca yang sudah memakannya mengatakan bahwa koran tersebut adalah makanan yang lezat. Jika biasanya dalam sebuah koran diperlukan proses editing yang pas ternyata mereka juga harus mengolah adonannya dengan sangat cermat. Adonan itu sendiri terdiri atas tepung maizena, minyak sayur, permen arab, air dan asam sitrat yang dimasak hingga menjadi pasta liat dan dibentuk menjadi lembaran. Pasta itu kemudian ditaburkan ke lembaran tipis itu melalui kasa sutra yang diatur sedemikian rupa menjadi judul, foto dan artikel.
Untuk mencetak koran tersebut dibutuhkan waktu beberapa jam dan dikeringkan dalam waktu sedikit lebih lama. Nah untuk polesan terakhir koran tersebut diberi aroma vanilla yang baunya menerbitkan selera. Proyek tresebut sebetulnya dikeluarkan untuk mendorong kebiasaan daur ulang dalam masyarakat demikian yang dikatakan oleh Charles Bouquet dari Edible Paper Company. Tentunya koran ini tak hanya sekedar menyajikan informasi namun juga memberikan rasa yang lezat.

Reactions:

0 comments: