Wednesday, January 16, 2013

CINTA,HARUSKAH AKU ALAY ?


Nama gue Richard biasanya sih teman-teman nongkrong gue manggil “Cad” umur gue 27 tahun tapi di umur segitu, gue udah dikatakan berprestasi dalam pekerjaan gue sebagai preman.sopir angkot,tukang baso,tukang rujak,bencong dan anak-anak dunia hitam se Bandung barat udah tahu tentang gue.

Sebagai preman kehidupan gue nyaris sempurna,kekuasaan dan harta sudah gue punya namun ada satu hal yang belum pernah gue rasakan,”ketulusan cinta seorang wanita” rata-rata cewek yang pernah menjalin hubungan sama gue dikarenakan rasa takut dan harta yang gue miliki bukan karena cinta yang tulus.
Walaupun gue preman,gue akui gue alay dalam masalah cinta.



Assalamualaikum,nama saya vhira alfatunnissa,biasa dipanggil vhira,umur saya 25  tahun,saya adalah mahasiswa program S2 di salah satu PTN di Bandung dan Alhamdulillah sudah setahun ini ,saya diberikan kesempatan untuk mengajar mahasiswa S1.

kata teman-teman terdekat saya,kehidupan saya itu sempurna,semua yang saya cita-citakan “Alhamdulillah” dapat tercapai namun seperti wanita normal lainnya,saya juga membutuhkan cinta .

Saya selalu bermimpi memiliki seorang suami yang mampu menjadi cahaya di saat dunia ini gelap bagiku,menjadi api disaat lilin-lilin semangatku telah redup,seorang suami yang mencintai diriku sama dengan mencintai dirinya sendiri dan mencintai tuhannya lebih dari pada mencintai diriku, seorang suami yang bisa menuntunku ke surga ilahi.
Aku ingin merasakan cinta yang seperti itu

Hari ini adalah jadwal gue mencopet,mencopet adalah rutinitas yang mengasyikan bagi gue meskipun gue udah jadi bos yah preman se Bandung barat tapi mencopet is my sytle sulit untuk meninggalkan kebiasaan itu.

Setelah gue pandangi wilayah sekitar,gue nemu sasaran untuk di copet,dia wanita yang mengandeng tas dengan kurang erat dengan sigap gue lari menghampirinya dan cukup dengan beberapa detik tas itu udah berpindah tangan , cewek itu berteriak dan mengejar tapi jangan panggil gue bosnya preman jika tidak bisa lolos.

setelah beberapa menit dari peristiwa itu ,gue check isi tas si cewek itu,di dalam tasnya terdapat dompet dan gue periksa dompetnya,sial Cuma ada duit dua rebu dan sisa yah Cuma tumpukan kartu ATM dan kredit yang entah gimana cara makeNya maklum meskipun sekarang gue udah jadi bosnya preman tapi asal gue kan dari  cikalongwetan jadi ga ngerti yang kaya ginian.

Hari ini adalah hari yang penuh pelajaran bagiku,bagaimana tidak, tas yang berisi identitas dan kartu-kartu penting telah di copet untuk ke depannya aku harus lebih berhati-hati lagi dan semoga yang mencuri tas aku diberikan kesadaran untuk bertobat.

Tak berapa lama ku dengar suara yang mengetuk pintu,siapa malam-malam begini mengetuk pintu “gumamku di dalam hati” Ku buka pintu dan menghampiri orang tersebut.

“nih gue balikin dompet lu ? yang benar dong ngisi dompetnya ,masa di dompet lu cuma ada uang dua rebu sama kartu-kartu yang ga gue ngerti cara pakenya,lain kali gue ga mau nyompet lu lagi.”

“Alhamdulillah,terimakasih bang udah ngembalikan dompet aku,di dompet ini banyak identitas dan kartu-kartu yang tak ternilai oleh uang,sekali lagi terimakasih yah bang.”timbal ku

“Eh,kepala lu panas yah atau elu aga-aga gila,hello gue yang nyuri dompet lu,kok lu bilang terimakasih,harusnya lu panggil satpam buat nangkap gue”

“ bukan begitu bang,karena aku kehilangan tas ini,aku jadi tahu betapa berhargaNyah tas ini setelah merasakan kehilangannya”

“lu aneh ah,udah ah gue cabut aja tapi duit lu yang dua ribu gue copet aja buat ongkos bensin”

“Assalamualaikum,hati-hati bang”

“ wa wa walaikumsalam dech,lu aneh banget ke preman ngucapain salam”

Entah siapa nama cewek itu tapi gue rasa dia aneh,baru pertama kali ada orang yang ngucapain salam ke gue selain ibu gue tapi kalau dilihat-lihat cewek aneh itu cantik juga dengan jilbab warna ungunya,ah sial  jangan berpikiran seperi itu,gawat kalau gue jatuh cinta sama cewek itu bisa-bisa gue jadi alay.

tidak butuh waktu lama bagi sang pembolak-balik hati untuk menanamkan cinta kepada richard,seorang preman dengan segala ketidak teraturan hidupnya mulai mencintai sosok wanita yang dulu aneh baginya yang mempunyai sifat kontradiksi dengannya,richard mulai mencari celah dengan berbagai cara agar punya alasan untuk bertemu dengannya dan menyatakan cinta walau dengan surat sekalipun.

Richard sang preman sekarang Laksana karang yang kokoh bila terus di hempas air akan roboh

“bos,kenapa sih,gue perhatiin akhir-akhri ini bos sering ngelamun sendirian dan nyengir-nyengir najis gitu “ sapa roni,menyadarkan lamunan richard

“ kayanya gue lagi jatuh cinta nih jadi alay deh efeknya,eh lu bisa bantuin gue ga ? “

“ bantuin apa dulu bos kalau gue bisa pasti dibantuin”

“gue bisikin aja takut ada ilalang yang mengetahui rahasia cinta ini “

“ sumpeh bos ,lu alay banget “

“ jangan banyak omong lu,buruan sini gue bisikin “

richard merencanakan sesuatu hal dengan roni agar bisa bertemu Vhira dan mungkin ini adalah pertama kalinya richard sang preman jatuh cinta sejatuh jatuhnya kepada seorang wanita yang bahkan baru ia kenal, memang cinta memberikan hidup yang lebih hidup.


“nih bos barang yang bos butuhin “

“bagus ron,lu emang anak buah gue yang jempolan”

“ gue gitu,udah dulu bang ,Ane mau pergi nyopet lagi”

“ ya udah hati-hati ron”

Wajah sedih tampak menghiasi raut wajah vhira namun kesedihan itu tak melunturkan sedikit pun pesona ayu wanita berjilbab ungu itu.


Untuk kedua kalinya aku kecopetan tas,huft sungguh ceroboh yah aku ini,semoga ada hikmah di balik semua kejadian ini *gumam vhira di dalam hati*

tok tok tok ,ia tunggu,siapa lagi yang bertamu sore-sore begini *celoteh vhira sebari menuju pintu*

“eh abang copet yang waktu itu yah ? ada perlu apa bang ke rumah vhira “

“eh gue punya nama kali,gue richard.nich gue nemu tas lu jatuh di jalan “

“ nemu di jalan ? bukannya abang nyuruh anak kecil buat nyuri tas saya ? “

“ eh kok lu tahu ,eh maksudnya lu sok tahu,nih tas lu “

“makasih bang,katanya abang ga mau nyopet tas saya lagi ?”

“eh udah gue bilang bukan gue yang nyopet”

“ bukan abang tadi anak kecil suruhan abang ? “ *sebari memeriksa tasnya*

“iya dech,gue yang nyuruh anak itu”

“bagus bang jujur itu indah,eh kok di tas aku ada surat”

“ jangan di baca sebelum gue pergi “


Namun dengan suara keras dan lantang vhira membacakan surat tersebut di depan richard

“ buat cewek yang gue cinta tapi gue ga tahu nama lu siapa.semenjak gue nyopet tas lu,gue ngerasain lu beda dari cewek-cewek yang pernah gue copet.

sial gue harus ngakuin gue cinta ma lu,semenjak ketemu lu,gue jadi ga fokus nyopet.jujur,semenjak gue ketemu lu,gue juga jadi alay,ngelihat bintang ,gue lihat wajah lu.ngelihat wiski ,gue lihat wajah lu.ngelihat Mie ayam ,gue lihat wajah lu.gue jadi ga bisa makan karena kalau gue makan serasa makan wajah lu,gue kepikiran lu terus.

to the point aja,mau ga lu kawin ma gue ? meskipun gue tahu 99 % lu bakal nolak gue tapi setidaknya gue udah memperjuangkan cinta gue walau hanya 1 %” gue tunggu jawaban lu “


“ kata-kataNya tidak berpola bang tapi saya suka Bagian akhirnya” seru vhira

“ jadi lu mau ga kawin ma gue ? “

“ nikah ,say not kawin,abang cinta sama aku ? “

“ gue cinta ma lu ? “

“ tapi aku belum cinta sama abang ?”

“terus gimana,gue bisa ngejadiin lu cinta ma gue ? “

“buktikan dan berikan alasan,kenapa aku harus cinta dan harus nikah dengan abang ? “

“baik,gue buktikan,gue minta waktu sebulan”

“silakan kalau abang bisa buktikan setahun pun juga tak masalah”


Dalam waktu sebulan itu richard memikirkan dengan keras,bagaimana cara membuktikan bahwa vhira harus menikah denganku,bagi richard memikirkan cara untuk membuktinya lebih sulit dari pada harus mencopet presiden sekalipun tapi itulah sebuah perjuangan dan akhirnya richard menemukan cara untuk membuktikan dia berhak menikah denganku.

Richard pun bergegas menuju rumah vhira dengan bekal sebuah pembuktiaan bahwa vhira wajib menikah dengannya.

“ tok tok tok,siapa lagi yang bertamu sore begini,jangan-jangan abang copet itu lagi “ seru vhira sambil membuka pintu

“ vhira gue udah punya alasan,kenapa lu harus nikah sama gue ? “ dengan nada Tergesa-gesa

“ coba jelaskan dengan sejelas-jelasNya “

“vhira,lu pasti tahu gue ini pencopet,gue dari kecil berada di dunia hitam,gue tukang mabuk dan gue juga doyan judi.meskipun agama gue di KTP islam tapi gue ga bisa ngaji,gue ngabisa shalat”

“stop bang,alasan abang itu semakin menegaskan bahwa aku ga ingin menikah dengan abang”

“dengarin gue ngomong sampai selasai dulu , gue sama sekali buta dengan agama islam tapi gue mau mengenal dan jadi islam yang sesungguhnya bukannya jika elu ngajarin gue satu huruf atau satu kebaikan maka elu dapat 40 kebaikan dan pahala,yang gue tahu Cuma Bismillah jika elu ngajarin baca al-quran dan shalat ke gue,berapa kebaikan dan pahala yang bakal lu dapat.

jika lu ngajarin gue berkata yang baik dan merubah tingkah laku gue,berapa banyak kebaikan yang lu dapat dan jika lu bisa ngerubah gue jadi suami yang baik buat lu dan anak-anak kita,berapa kebaikan yang lu dapat ? “

Vhira hanya terdiam lalu menutup pintu dengan keras,seolah tidak mau lagi melihat richard berbicara dan richard pun pergi dengan berjuta harapan sirna tampak kesedihan yang mendalam menyeliputi kepergianya meninggalkan rumah vhira bahkan ia pun tak sadar bahwa dompetnya telah jatuh di depan rumah vhira.


Semenjak kejadian tersebut,richard berubah total,dia tidak pernah mencopet lagi bahkan dia mulai sedikit demi sedikit belajar membaca al-quran walau tak tanpa guru karena tidak ada yang percaya dengan tobat dan kesungguhan richard untuk mendalami islam.

Setiap hari di selalu berada di masjid yang terlihat sepi itu,dari terbit fajar sampai terbenam matahari dia berada di masjid itu,ia keluar dari masjid takkala membeli makanan dan menggarap kebun peninggalan kedua orangtuaNya yg sudah meninggal.

Di tengah ke khusyuan richard belajar al-quran terdenga suara “Assalamualaikum bang richard”

“walaikummussalam.vhira,ada apa vhira datang ke sini”

“ aku mau ngembalikan dompet abang yang tertinggak di rumahku sekalian mau membalas surat abang tempo dulu,nih dompet abang dan baca surat Nya dengan keras bang “

Assalamualaikum,abang pencopet.maaf waktu itu vhira menutup pintu selagi abang memberikan alasan kenapa vhira harus menikah dengan abang ?

karena bagi vhira alasan abang itu sudah cukup,sudah cukup menyakinkan vhira bahwa vhira harus menikah dengan abang,bagi muslim manapun tidak akan mau melepaskan pahala yang diungkapkan abang itu,abang itu sumber pahala dan jalan menuju ridha Allah bagi vhira,jadi abang ,kita nikah yuk sekarang ? “

“ nikah sekarang ?” seru richard dengan terkejut

“ ia bang,vhira sudah membawa kedua orang tua vhira dan penghulu dan mereka sudah menyetujui pernikahan kita,aku minta mas kawinnya,al-quran yang di tangan abang aja “

“Alhamdulillah,maha suci Allah atas semua rencananya,aku bersedia vhira”

Cinta yang suci selalu melahirkan keindahan yang tiada tara

Hanya Allah pemilik cinta dari segala cinta sumber keindahan itu

Jika engkau mendekatkan 1 langkah kepada Allah niscaya ia mendekati mu 1000 langkah

Jika engkau melalukan 1 kebaikan yang Allah perintah niscaya ia memberikan 1000 kebaikan kepadamu dan itulah yang dirasakan richard,kenikmatan yang sungguh tiada tara


author :Nychken

Reactions:

0 comments: