Monday, February 18, 2013

Fakta keren Bandung




abdi mah orang bandung, lahir di majalaya (kabupaten bandung ) ayena linggih di cikalongwetan (kabupaten bandung barat) YANG ARTINYA saya orang bandung,lahir di majalaya (kabupaten bandung ) sekarang tinggal di cikalongwetan (kabupaten bandung barat) .

kenapa saya berbahasa sunda di postingan ini,karena saya mau membahas fakta-fakta unik tentang BANDUNG yang tak hanya terkenal dengan mojang cantik....



1. PERSIB
Untuk orang Bandung (apalagi Bobotoh - fansnya PERSIB) PERSIB adalah hidup mereka. PERSIB adalah nafas, sebuah perjuangan. Walau wan prestasi tapi kalau buat tim sepakbola kota sendiri tetap didukung selalu. Lazimnya kalau tim kota bertanding ya bangga dong. Nah anehnya, sebagian masyarakat malah 'takut' kalau ada pertandingan PERSIB di dalam kota. Takut rusuh. Eit tunggu dulu, PERSIB juga punya kok Bobotoh soleh dan solehah, anti rusuh loh. Jadi ayo didukung PERSIB-nya!

2. Tahu
Entah kenapa orang ramai-ramai belanja tahu di Bandung. Konon katanya tahu Bandung itu segar. Rasanya khas, yang pasti sih luar biasa enak!

3. Banjir Cileuncang
Cileuncang (buat orang non-sunda, agak-agak susah ya melafalkan kata ini). Karena sistem drainase yang gak bagus, Bandung kalau diguyur hujan akan mengalami banjir sementara. Nah banjir sementara ini yang dinamakan Cileuncang.

4. Lautan Api
Kota-kota di republik ini punya sejarah perjuangan sendiri. Termasuk Bandung. Yang paling momentum adalah perjuangan Bandung Lautan Api. Penduduk Bandung rela mengorbankan harta bendanya (khususnya rumah) untuk ditinggal, malah dibakar (rumah yang dibakar). Bayangin, ngebakar rumah sendiri...ugh kesayat-sayat rasanya. Namun daripada diduduki penjajah, orang Bandung milih merdeka.

5. Kota 1000 Angkot
Rasanya hanya di Bandung yang jumlah angkotnya gak hanya banyak, tapi juga berwarna! Aneka warna, aneka tujuan.

6. Macet
Bandung adalah kota yang kecil, dengan jalan raya yang kecil-kecil dan berkelok-kelok. Kondisi ini ternyata bikin kewalahan jalanan dalam menampung kendaraan. Panjang jalan yang pendek-pendek, banyak perempatan/pertigaan, lampu merah sering mati, dan kalau hujan datang si banjir Cileuncang, nah komplit deh bikin yang terjebak macet jadi manyun.

7. Kuliner
Nah (lagi), sambil nunggu macet reda, bisa juga belok dan berteduh di bawah atap warung atau resto. Di Bandung makanan enak banyak, harga dan rasa juga macam-macam. Mau murah dan enak ada, mau yang berkelas dan rasa tetap berkualitas juga tersedia.

8. Pengamen bersuara merdu
Nah selagi kena macet, jangan sia-siakan keberadaan pengamen. Ya siapa tahu ketemu pengamen bertampang Sule yang punya suara semerdu Charlie :D

9. Bandung di siang hari = macet, maka Bandung di malam hari = geng motor.
Hati-hati yang berkendara di Bandung tengah malam ya. Kalau melihat kerumunan motor dikejauhan, segeralah menjauh. Sebaiknya menghindar saja. Kalau ternyata kepergok dengan geng motor, segeralah tancap gas menuju kantor polisi terdeket. Oleh karena itu, perluas wawasan teman-teman tentang lokasi kantor polisi di Bandung.

10. Shoping
Oh ini dia surganya yang doyan belanja. Bahkan yang gak hobi belanja sekalipun. Ayo mau cari apa? keperluan dari ujung rambut sampai ujung kaki ada semua. Harga? biasa diatur. Ingin memenuhi gaya hidup? oh ada. Silakan dipilih-pilih tempat belanja yang disukai (atau yang emang butuh). Ada factory outlet, ada distro, Pasar Baru, barang bekas, barang bajakan, sampai yang barang-barang kelas artis-artis Hollywood.

11. Mahanagari
Mahanagari bukan sekedar clothing biasa. Ada embel-embel CULTURE-nya, jadi Culture Company. Mahanagari mengkampanyekan Bandung melalui desain (kaos), souvenir lain, termasuk bikin beberapa acara temanya Bandung.

12. Gedung Sate
Gedung termegah se-Jawa Barat ini memang cihuy luas dan besar. Coba deh sesekali naik ke menara Gedung Sate, niscaya teman-teman akan menyaksikan pemandangan Bandung full satu lingkaran.

13. F=V=P
Mohon dimaklumi apabila ada cewek dan cowok Bandung yang cantik dan cakep-cakep melafalkan Fotokopi dengan Potokopi atau Fitnah jadi Pitnah. Mereka bukan kampungan, mereka hanya terlalu mencintai identitas dirinya sebagai orang Sunda karena kami semua begitu! F jadi P, V jadi P, dan Z jadi J!

14. Dilingkung ku Gunung
Artinya, Bandung dikelilingi pegunungan. Memang benar adanya, makanya gak terlalu mengherankan kalau Bandung itu udaranya sejuk dan dingin. Coba pagi-pagi cerah teman-teman naik ke puncak menara gedung atau bukit-bukit di pinggiran kota Bandung (apa saja yang penting bisa lihat Bandung dari atas). Perhatikan tiap-tiap ujung pegunungan. Hitung ada berapa dan sebutkan gunung apa aja itu hayooo!

15. Cewek cakep alias Mojang geulis
Konon karena menyukai makanan berupa sayur mentah (yang kami sebut Karedok dan bule sebut Salad) dan sayur matang (Lotek), cewek Bandung itu segar-segar wajahnya. Putih. Cantik. Benarkah demikian? Benerin aja lah ya :D

16. Fashion
Bicara fashion di Bandung berarti kita bicara tentang orang Bandung yang keren, gaya, dan yang terpenting : gak selalu mahal. Nah katanya di Bandung itu selain cewek dan cowoknya cantik & cakep, gaya fashionnya juga seru-seru! Memang gak sekalu jadi trendsetter tapi cukup dapet pengakuan lah. hehe.

17. Pepohonan
Saking banyaknya pohon di Bandung, tiap bulan tiap tahu pasti ada saja pohon-pohon yang jadi korban penebangan. Kasihan. Beberapa pohon memang sudah seharusnya ditebang karena tua dan berbahaya untuk orang-orang. Nah sayang sekali pepohonan yang ditebang itu gantinya adalah jalanan yang melebar atau ruko dan mal-mal. Kadang-kadang aja diganti pohon yang baru. Heeuuu sayang ya :( mari teman-teman, kita jangan hanya menanam pohon saja, ayo kita rawat juga!

18. Museum Geologi
Yak betul! Museum ini sering sekali dapat kunjungan dari anak-anak sekolah penjuru nusantara. Satu-satunya di Indonesia kali ya.

19. Peneropongan Bosscha
Hanya di Bandung! Hanya di Bandung! Lebih lanjut tentang peneropongan ini, silakan google saja :D

20. Taman Kota
Nah, salah satu nilai positif seorang walikota tahun 2009 dan 2010 adalah revitalisasi taman kota. Sudah (agak) bagus. Beberapa kawasan yang dulunya terlantar sekarang sudah jadi taman. Pom bensin juga jadi taman kota dan tempat rendevouz anak muda di Bandung. Bagus ya, makin banyak landmark suatu kota makin bagus!

21. GelapNah ini PR pemkot Bandung. Taman kota udah oke, cuma sayangnya : Gelap. Entah kemana itu listrik perginya. Gak hanya di taman kota, pinggir jalan kota sekalipun masih banyak yang gelap gulita. Hiii...

22. Offroad
Ini dia ibukota provinsi Jawa Barat yang punya jalan raya berlubang-lubang lubang lubang. Sebuah pekerjaan yang hanya berlabel proyek akibatnya begini ini nih. Tidak ada profesionaliatas, tidak ada hati nurani. Kesulitan membeli sembako dan memenuhi kegiatan pendidikan (atau lainnya) jadi terganggu akibat jiwa yang emosi karena macet akibat jalan berlubang, jatuh dari motor akibat jalan berlubang, dan mesin kendaraan rusak akibat jalan berlubang. Bleh...

Tambahan:
- Bandung punya Festival Film Bandung yang lumayan bergengsi n terus bertahan sampe sekarang meskipun dulu dilarang waktu Orde Baru.

- Bandung jadi tuan rumah Festival Film Indonesia 2008

- Film pertama yang dibuat dan ditayangkan dibioskop di Indonesia adalah film Lutung Kasarung pada 31 Desember 1926 di Kota Bandung. Yang kedua adalah film Eulis Acih pada tahun 1927 juga di kota Bandung.

- Bandung adalah kota pertama dibangunnya bioskop terbesar di Indonesia, yaitu Blitz Megaplex Paris Van Java

- Andrea Hirata sekarang bekerja n tinggal di Bandung

- Obat Hepatitis B dan obat rabies hanya dibuat di Pasteur untuk kebutuhan seluruh dunia!

- Di Bandung terdapat berbagai pabrik merk-merk fashion terkenal, contohnya Quicksilver, Mark N Spencer dan Billabong.

- Bandung punya lagu nasional, yaitu Halo-halo Bandung. Bandung juga disebut dalam lagu "Kereta Api"

- Puluhan ribu kendaraan masuk ke kota Bandung setiap weekend, apalagi waktu liburan.

- Rakyat Bandung rela menghanguskan kota tercintanya yang indah agar tidak dikuasai penjajah!

- Demonstrasi mahasiswa pertama di Indonesia adalah di kota Bandung

- Ir. Soekarno dan banyak orang-orang hebat lainnya yang berkuliah di Bandung

- Bandung satu-satunya kota yang mempunyai 4 perguruan tinggi negeri. Yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati. Juga mempunyai banyak perguruan tinggi swasta yang bagus, contohnya: Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Bandung, Universitas Komputer Indonesia, dll.

- Banyak pelajar dari seluruh Indonesia yang menuntut ilmu di Bandung. Mereka juga bisa terhibur karena banyaknya tempat hiburan, tempat nongkrong dan mall-mall. Sehingga mereka tidak ketinggalan zaman.

- Institut Teknologi Bandung adalah salah satu dari 3 PT Indonesia yang masuk daftar 400 PT terbaik di dunia.

- Bandung adalah tempat dimana Modernitas terpadu dengan tradisi Sunda. Bandung adalah kota dinamis dan kreatif. Terutama di bidang fashion, kuliner, dan kepemudaan.

- Bandung menggelar Helaar Fest dan Bandung Creative City Forum yang mengumpulkan orang-orang kreatif dari berbagai profesi untuk mengadakan suatu acara.

- Bandung adalah kota yang dipilih untuk ujicoba pertama berbagai operator telepon selular, contohnya Esia, Flexi, 3, dll. Axis juga pertamanya hanya ada di Bandung dan Surabaya. Sehingga masyarakat Bandung sering menjadi pencoba pertama dibandingkan kota-kota lain.

- Banyak musisi dan artis yang berasal dari Bandung, lengkapnya di www.friendster.com/parisdejava. Bandung juga terkenal di bidang musik

- Bandung dipilih menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika dan juga peringatan 50 tahun KAA.

- Bandung adalah kota besar (ibukota provinsi) yang paling dekat dengan ibukota Jakarta. Dibangun jalan tol Cipularang yang mendekatkan keduanya, yang bisa ditempuh hanya 2jam. Dan 3 jam menggunakan kereta api.

- Meskipun Bandung merupakan kota terbesar ke4 di Indonesia, namun nama Bandung bisa dibilang terpopuler ke2 setelah Jakarta.

- Berbagai acara TV ataupun promosi produk2, pasti mencantumkan Bandung sebagai kota peserta dan tempat promosinya.

- Bandung mempunyai lapangan yang juga terkenal yaitu lapangan Gasibu.

- Bandung mempunyai stasiun TV lokal terbanyak se-Indonesia, terdapat 8 stasiun TV, yaitu: Bandung TV, STV, IMTV, PJTV, Space Toon Bandung, MQ TV, Edukasi TV Bandung, CT TV

- Radio Bandung jumlahnya banyak dan yang terkenal adalah Ardan Radio, OZ radio yang punya cabang di Bandar Lampung dan kota lain, juga Ninetyniners yang membuka cabang di Jakarta. Ninetyniners adalah radio nomor satu di Bandung selama 8 tahun berturut-turut hingga sekarang menurut survey AC Nielson

sumber: www.mahanagari.com


Reactions:

0 comments: