Monday, October 13, 2014

Nikmat bola mata

Nikmat bola mata disaat membaca karya sastra, tumpukan novel dengan berbagai latar belakang kehidupan tersaji untuk dikaji menjadikan itu semua bahan refleksi, bahwa hidup tak sekedar menunggu mati.

Nikmat bola mata disaat mengkaji, memahami arti dibalik maha karya paling laris, ialah al-quran yang bukan sekedar karya sastra tapi tuntunan hidup manusia.

Nikmat bola mata yang masa kini dipaksa menyaksikan wanita dengan rok mini, entah mau pamer paha atau sekedar cari sensasi agar disebut seksi.
godaan lelaki masa kini, lebih sulit dari jaman nabi.

Nikmat bola mata diantara pilihan paling kontra, gadis seksi samping jalan atau karya sastra paling hebat, al-quran.

NN GBS

Tuesday, August 26, 2014

Alay :P

ceritanya aku lagi emosi jiwa, kemana-mana syirik yang dibawa. bukan syirik yang menduakan tuhan tapi syirik dengan orang yang pacaran setelah pernikahan.

tadi pagi kerumah sakit, siapa tahu lebih bisa bersyukur dengan melihat aku lebih sehat dari mereka, eh malah makin nyesek. selain antri untuk konsultasi ke dokter yang lebih dari lama, ada pasangan yang so sweat sweat-an di depan muka. jadi kepikiran pengen punya anak seorang dokter agar ketika sakit ga antri lama dan tak perlu ketemu yang so sweat sweat-an. ketika sadar, gimana punya anak ? istripun tak punya . Inilah galau ala anak muda, meski udah ga muda-muda banget

NN GBS

Galau ala mahasiswa

galau ala mahasiswa itu ketika tengah bulan hanya ada mie instan di kosan.

galau ala mahasiswa itu ketika dapat beasiswa tapi cairnya lama.

galau ala mahasiswa itu ketika IPK kurang dari 3.

galau ala mahasiswa itu ketika home sick dihari pertama karena jauh dari orang tua.

mahasiswa itu harus tegar, singkirkan dulu rasa malu, meski makan di warteg hanya dengan uang 3 rb. pesen nasi cuma pake bumbu.

mahasiswa itu harus PD, meski dengan baju acak-acak tetap bicara tentang masa depan.

mahasiswa itu harus kuat, meski dengan keadaan lapar, tugas harus kelar.

kepedihan jadi mahasiswa hanya sampel dari kehidupan nyata. tetap semangat. kalau anda wanita, ada pria shaleh berkuda ferrari. menunggu kamu lulus nanti.

kalau anda pria, ada wanita shalehah dengan senyuman menuduhkan yang meminta anda, segera lulus, kerja dan nikahi dia

Salam Maha dibalik Siswa.

NN GBS

Balada Mie ayam

kemarin ke tempat mie ayam yang baru buka, ceritanya pengen nyoba mie ayamnya enak atau engga ?. ternyata yang jualannya masih muda sekitar 25-30 tahun. waktu masuk tukang jualannya lagi curhat dengan temannya, biasa masalah anak muda membahas seputar cinta.

" kalau berani nyentuh dia lagi, ga bakalan ragu bacok, bacok sekalian. kalau udah putus-putus aja, jangan ganggu hubungan yang lagi dijalani". (tentunya dalam bahasa sunda, cuma agar lebih bersifat nasional pake bahasa indonesia aja). didalam hati, " serem nih tukang dagang, mau kembali lagi udah ngasih uang". walhasil makan mie ayam sambil diiringi backsound curhatan tukang mie ayam yang bernada sangat sarkasme.

memang benar, cinta yang berlebih dapat menumpulkan logika. terlalu merasa memiliki menutupi mata hati untuk berbuat keji, tanpa berpikir lagi. ilmu manajemen bukan hanya untuk uang dan waktu, tapi perasaan juga sepertinya harus ada ilmu manajemen perasaan agar tidak berbuat diluar kebiasaan.

NN GBS.

Catatan seorang guru

Menjadi seorang pendidik tidak menjanjikan harta yang berlimpah dengan deretan mobil mewah, bahkan harus siap sakit hati ketika ditanya gaji, gaji guru honor jauh lebih kecil dari seorang service kompor.

Alasan jadi tenaga pendidik karena gengsi, lebih baik mundur mulai kini. Harus siap ngelus dada, ketika muridnya bandel luarbiasa.

Jika jadi guru masih mengutamakan materi dan gengsi, sampai kapanpun tak akan pernah dapat hal itu.

" kan bisa jadi PNS yg gajinya gede" memang bisa tapi sulit, ada yg sudah mengajar 20 tahun, belum jadi PNS tuh.

"Kan bisa dapat sertifikasi non pns". Prosesnya lama, cairnya juga lama bahkan ada yang nunggu sampai setahun loh belum cair-cair loh.

Masih yakin pengen jadi guru? Harus siap ngelus dada tapi tapi pahalanya luarbiasa

NN GBS

Sunday, August 3, 2014

Cinta dan kerja

Di jaman uang menjadi raja. cari kerja dan cinta sama susahnya, seperti bersin dengan keadaan mata terbuka.

cari cinta bagi pria harus bermodalkan uang. bohong jika sekedar kata sayang. minimal ketika PDKT harus punya pulsa, buat tulis pesan yang so soan perhatian.

PDKT sukses berlabuh kepacaran. bohong, ketika pacaran yang dibutuhkan hanya perhatian. setidaknya harus makan dan jalan-jalan.
walhasil, uang habis banyak. memang ketika pria jatuh cinta logika tumpul tak terasa.

pacaran ga kerasa udah lama, makin hari makin didesak calon mertua " apa mau hanya pacaran saja ? " katanya. umur wanita udah 23, malu jika hanya pacaran saja, minimal harus tunangan biar sedikit ada ikatan.

pria bingung, kerja masih nanggung. gaji 2 juta sekian habis pake makan dan bayar kosan, untuk tunangan belum kepikiran. akhirnya memutuskan cinta sampai disini, bukan aku yang layak engkau pilih. daripada denganku makan nasi hanya pake terasi, lebih baik pilih yang lebih mapan agar kamu punya masa depan.

pria galau, wanita tersakiti. akhirnya cinta harus terhenti ditengah jalan, alasannya belum mapan.

*celoteh diakhir liburan*
NN GBS

Saturday, August 2, 2014

Generasi ku

generasi ku sudah menjadi generasi ind*mie. hamil aja ga perlu punya suami. semuanya serba instan. nikah baru 7 bulan, anaknya udah bisa jalan.

generasi ku generasi berwibawa. uang aja bisa bicara. cukup dengan uang ratusan juta, seragam loreng siap dipakai dengan bangga.

generasi ku generasi pandai berhitung. wakil rakyat sudah pintar cari untung, seperti pedagang yang jualan undang-undang.

generasi ku generasi rajin, rajin cari alasan agar menutupi kesalahan. seperti orang di istana, sudah berkata " gantung di monas, jika aku tersangka". sekarang pura-pura lupa.

jaman memang telah berubah. sekarang manusia sudah tak punya malu. ga pernah mau denger kata ibu " sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling berguna, bukan malah buat orang lain sengsara.

NN GBS

Thursday, July 31, 2014

Pesona-mu kini

wanita hadir dengan segala pesona

ada yang jutek. tak mau kenal cowok jelek, di ajak makan lotek malah pasang muka semberut pertanda tak mau nurut. diajak shopping baru ikut.

ada yang alay, foto selfie hampir tiap hari dengan gaya taruh jari dibibir samping kiri. dalam sebulan update status beratus-ratus, dari cerita tentang cinta sampai ke alayan jadi mahasiswa.

ada yang sexy. pake baju selalu mini, dugem adalah alasan utama untuk ngadem.

ada yang pintar. logika dan cinta tak pernah tertukar. segala sesuatu harus dihitung dulu. baik atau buruknya jadi penentu, tapi suaminya harus siap ngelus dada jika tidak bekerja.

ada yang keibuan, anggukan kepalanya selalu perlahan, nah wanita ini dambaan bagi pria yang sudah mapan dan punya masa depan.

ada yang muslimah, tak komplit jika ga ikut pengajian dan ceramah, biasanya jadi mediator curhat dari wanita yang punya masalah. cerminan akhlak bidadari yang ada dibumi. lebih dari indah jika jadi imamnya.

" wanita tercipta dari rusuk lelaki, bukan dari kaki untuk dialasi, bukan dari kepala untuk dijunjung tetapi dekat dihati untuk dikasihi dan dicintai"

NN GBS

Tuesday, July 29, 2014

Catatan hati seorang jomblo

ada sebagian orang diantara kami
memilih jalan yang terjal nan mendaki
meniadakan kata selamat pagi
dari seseorang yang disebut pujaan hati

sempat merasa iri ketika ke undangan ada pasangan yang bergandengan tangan, mengubah nama mereka dengan frasa ayah, bunda.

disisi lain merasa beruntung tak pernah ada kantung mata tanda berduka
karena pengkhiatan pacar, meski tak menyisakan luka memar tapi sakitnya cukup meniadakan rasa lapar.

bukannya ga mau punya DP BBM atau Profil FB editan seolah aku dan kamu berdekatan tapi setelah itu rentan pertengkaran dan pengkhianatan, kami hanya mau sertifikat dari KUA tanda boleh berdua kemana-mana.

bukannya ga mau diperhatikan tapi takut jadi korban perasaan, setelah tahu perhatian kamu ga cuma buat aku.

jomblo itu bukan hanya pilihan tapi sebuah solusi untuk menghilangkan kebohongan tanpa ikatan.

celoteh frasa seorang jomblo bahagia

NN GBS

Friday, July 25, 2014

Hati-hati wanita

hati-hati kaum wanita jika ada pria baik tiba-tiba, tentu dia ada maunya. ada harapan dibalik permohonan yang ingin engkau kabulkan.

hati-hati duhai wanita, ada pria yang rajin sms dan bbm kamu padahal ia ga ada perlu. kemudian beralih ketahap merayu. selalu mengucap " jangan lupa shalat dan makan" dengan dilampirkan kata sayang didepan.

hati-hati duhai wanita, sebagian dari kami, mungkin termasuk dari saya. mudah berucap cinta kepada tiap wanita padahal itu hanya MODUS semata. sekedar cari hiburan yang hanya untuk dipermainkan.

kenali kami wanita. ada sebagian dari kami yang diam seolah tidak memperhatikan engkau padahal jantung berdegup kencang hanya saja tak sanggup lancang, jika mengucapkan cinta tanpa kepastian akan dinikahi bukan untuk dikhianati.

NN GBS

Sunday, July 20, 2014

Sungguh

ketika cinta menyapa
aku hanya mampu menundukan kepala
takut ketika setan membisikan
tatap dia lebih dalam dan berikan harapan yang aku palsukan

sungguh engkau tahu setan pintar dalam pembenaran
sungguh engkau tahu aku tempatnya ragu
maka kuatkan hati yang rentan tersakiti
agar ketika melihat cinta, setan tak ikut bicara

jauhkan diri dari cinta yang tumpulkan logika
jauhkan diri dari kesia-siaan mencintai

fokus tujuan untuk ajang perbaikan
serta pantaskan aku untuk menjemput bidadari yang engkau janjikan

Nn gbs

Friday, July 18, 2014

apakah

apakah cinta begitu mudah berpindah rasa ?

dulu bilang aku cinta
sekarang najis tralala

apakah cinta adalah kebencian yang tertunda?

dulu semenit tanpamu, aku butiran debu
sekarang ngehindar agar ga ketemu

apakah cinta yang suci dengan mudah ternodai benci ?

dulu pengertian
sekarang benci-bencian

allah maha pembolak-balik hati tapi setan yang membisikan untuk benci

NN GBS

sabar bentar, janji allah pasti dibayar

foto dempetan ga ngejamin sukses sampai pelaminan
apalagi foto berduaan hasil editan
di upload ke fb, tahu-nya ga jadi jodoh nanti
nyesek yang ada, saat si dia hanya harkos semata

wanita rentan tergoda
pria rawan berdusta
komplitlah kesetiaan yang hanya bualan
foto dempetan hanya akting memuak-kan

mening sabar bentar karena janji allah pasti dibayar
ga seperti janji doi, so keren setia sampai mati
nemu yang mulus dan bening pindah ke lain hati
mesra di fb, ngejamin ga diajak nikah nanti ?

perbaiki diri, rajin nabung materi
karena janji allah sudah pasti
buat kamu bidadari terindah
limited edition untuk orang rajin ibadah

NN gbs

Monday, July 7, 2014

AKU PENGEN

pengen punya presiden yang romantis
memberikan setangkai bunga dan kesejahteraan yang merata

pengen punya presiden seperti rangga pemeran ada apa dengan cinta
misterius tapi memberikan cinta yang tulus

ga pengen punya presiden yang hanya bisa modus
kami butuh keadilan bukan nasi bungkus

ga pengen punya presiden seperti kamu, iya kamu
bicara masa depan tentang cinta kita, eh malah jadi bualan semata

sebagai pemilih pemula pengen dong punya presiden yang ngerti kami
jangan yang hanya bisa janji tanpa bukti

karena kalau salah pilih, sakitnya disini * tunjuk hati*

NN GBS

Tuesday, June 24, 2014

Inget mantan

inget mantan itu bahaya, seluruh agenda move on hancur seketika
inget mantan itu menyeramkan. kenangan masalalu hadir tak terhindarkan
inget mantan itu membunuhku, dia makin cantik/tampan sementara aku masih seperti dahulu.

daripada inget mantan, mening memulai PDKT dengan tuhan.
tuhan menjagaku dari pemborosan waktu

masa lalu memang penting, tapi masadepan lebih utama.

pilih inget mantan atau bertasbih kepada tuhan

NN.GBS

Saturday, June 14, 2014

Pengampun dosa

Aku menyambutMu dengan suka
tiada cinta yang lebih besar
selain untukMu pembawa kehangatan dipelupuk fajar
maha dari segala maha pengampun dosa semua hamba

hambaMu ini terlampau lemah
jika harus beribadah ribuan tahun seperti umat-umatMu terdahulu
namun engkau maha mengetahui kemampuan hambaMu ini
engkau hadirkan masa yang lebih baik dari seluruh isi semesta

bulan yang engkau janjikan akan segera tiba
lebih dari sekedar kata bahagia
jika aku diberikan waktu untuk kembali bertakwa dibulan itu
kenikmatan tiada berbatas adalah kata yang pantas

engkau maha tahu, hambaMu ini laksana petani pemalas
ingin menuai padi tanpa kerja keras
maka, engkau hamparkan panen raya berbuah pahala
kami hanya menukar dengan sedikit rasa lapar

maha baik engkau, Rabbku
engkau beri kesempatan untuk menghapuskan
seluruh ingkar, lupa dan durhaka
hambaMu ini terhadapmu

Cikalongwetan, juni 2014

NN.GBS

BIARLAH


akan datang suatu masa
dimana aku datang dengan kedua orang tua
menyatakan cinta yang bukan permainan kata
tapi kesungguhan untuk membangun bahtra cinta

allah maha tahu atas rahasia dibalik waktu
biarlah untuk 4 tahun kedepan aku tak tahu
siapa yang akan menemani ku ke penghulu
menyatakan janji setia untuk terus cinta

allah tidak akan pernah ingkar
begitupun jodoh tak akan pernah tertukar
hanya bisa berusaha menjadi hamba terbaik
karena allah telah menjanjikan perempuan dengan akhlak tercantik

biarlah untuk saat ini aku sendiri
berkutat dengan hal-hal yang memperbaiki diri
sebelum layak menghalalkan cinta yang dijanjikan ilahi
aku ingin membuat bidadari iri

Cikalongwetan, juni 2014
NN.GBS

Thursday, June 12, 2014

Ini jalanku. bagian satu." mamah, jenderal berdasterku "



"ken, ken, bangun udah jam 4 nih".

teriak mamah dengan nada kaya orang yang kebakaran rumah. membuyarkan mimpi aku yang sedang menunggangi ular naga di hutan amazon.

 " ada apa mah, sekarang kan bukan bulan puasa, jadi ga usah sahur ".

" hari ini,  hari pertama kamu sekolah jadi jangan nyampe telat ".

 " tapi ga usah jam 4 subuh juga mah " memasang muka memelas kaya ibu-ibu yang kehabisan stock beras.
" jangan bantah, cepet mandi".

perintah mamah seperti perintah jenderal bintang lima yang harus dipatuhi tanpa bantah, jika tak mau uang jajan musnah. mamah, satu-satunya jenderal yang pake daster.

            Hari ini adalah hari pertama aku sekolah di SD, tepatnya di SDN 3 Cikalongwetan yang jaraknya cuma 50 meter dari rumah tapi kenapa mamah harus nyuruh bangun jam 4 subuh, setidaknya bangun jam 4 subuh menjadi misteri untuk sejam yang akan datang sebelum dijawab dengan sebuah kejadian yang mengharukan atau lebih condong ke menyeramkan, biar pembaca yang menilai.

Eh anak muda

Umur 18 udah bonceng cewek pake motor gede.
Motor buat gaya hasil kredit orang tua.
Traktir cewek pake uang SPP biar disangka tajir agar memikat cewek sasaran PHP.
Lebih banyak gombal bilang sayang daripada sujud sembahyang.
Mahir banget bilang cinta ke semua wanita, giliran ada PR fisika bingung ngerjain yah gimana?.

Umur 23, yang lain udah lulus kuliah dan merintis usaha, eh dia masih cari anak SMA buat korban gombal selanjutnya.
modal uang hasil minta orang tua, tau yah cuma  di manfaatkan anak sma jadi tukang isi pulsa.
Galau nyampe umur 25, mau nyari kerja cuma ijazah SMA tanpa keterampilan apa-apa.
Orang tua udah ga bekerja, ga tau minta uang sama siapa. sementara calon mertua minta tanggung jawab akibat anaknya hamil karena dia.

Umur udah 35, yang lain udah punya anak dan mapan karena hasil usaha.
 eh dia masih sibuk cari kerja, terpaksa jadi kuli panggul dipasar.
 eh ketemu mantan yang udah jadi pengusaha.

Umur 45 masih jadi jomblo, ga ada cewek yang mau, ke cowok tua yg hanya punya uang 2 rb. Ga kerasa umur udah 60, badan udah ga kuat dipake kerja tapi perut harus di kasih makan.
akhirnya minta-minta disamping jalan nunggu orang yg iba dan kasihan.

Inilah kisah anak muda yang menghabiskan waktu dengan cinta semu. Pilih jadi jomblo atau putuskan nikahi, jangan jadi kutu loncat, sibuk pacaran, eh lupa masa depan.

NN. GBS

Wednesday, June 11, 2014

Langkah

andai boleh ku meminta
setiap detik kerinduan yang tersisa adalah abadi
namun apa daya, waktu begitu perkasa
menikam setiap kerinduan yang masih terasa

teman-teman baru menghadirkan nuansa haru
namun hanya teman lama yang menciptakan suasana berbeda
ada bahagia,sedih, dan pilu
saat jarak dan waktu menginjinkan kita bertemu

sekarang detik telah berlalu
waktu memainkan peran untuk kembali memisahkan kita
tak ada tangisan pengiring kesedihan
hanya ada doa yang saling menguatkan

meski langkah yang kita tempuh berbeda jalan
selalu ada janji yang tak terucap lisan
suatu hari nanti akan tiba masa
saat kita bertemu disuatu jalan yang bernama kesuksesan

NN.GBS

Sunday, May 25, 2014

Lahir diantara hujan

   Hujan selalu datang diawal januari, seolah ia tak mau ingkar dari hukum alam yang sudah semestinya terjadi. Aku nychken gilang, aku lahir di tanggal 23 januari. Iya, diantara hujan dan rintik  yang menemani ku lahir ke bumi. Suara adzan dari kakek adalah suara yang pertama kali aku dengar, sesudah suara seorang ibu yang menyapa dengan lirih dan syahdu “alhamdulilah”.

Rintik pertama, rintik kedua, rintik ketiga dan berjuta rintik selanjutnya turun ke bumi, ku tatap satu persatu rintik, ku berpikir sejenak “kenapa hujan tak pernah merasa sakit meski terjatuh dari langit” pikiran polos  bocah berumur 3 tahun pun terlintas.

Aku lahir diantara hujan, hujan adalah suara merdu ketiga yang pernah di dengar telingaku. Aku suka hujan bahkan untuk setiap tetesnya adalah keabadian, seperti yang pernah ku dengar di pelajaran geografi  tentang air dan hujan, “ apakah jumlah air di dunia ini tetap ? “ seru guru, “tetap” timbalku, “ kenapa tetap ? “, ku mencoba menjelaskan dengan pemahaman yang masih terbatas dan mengakhiri dengan kalimat “ hujan adalah makhluk tuhan, yang ketika naik memberi manfaat dan ketika turun pun memberikan manfaat”. Untuk kesekian kalinya ku berkata, aku suka hujan bahkan untuk setiap rintiknya, aku suka. tapi kenapa beberapa orang tidak suka hujan, beberapa orang bahkan mencela hujan, mereka mencela hujan bagai seorang koruptor yang merampas hak-haknya. Apakah karena hujan membuat banjir? , apakah karena hujan jadi sulit beraktifitas?, apakah karena hujan ikan-ikan mereka mati ?. persis seperti ketika tersandung batu, mereka marah dan menyalakan batu. Walaupun hujan dianggap bersalah, apakah setitik ketidaknyamanan yang disebabkan oleh hujan, menghilangkan rasa syukur atas segala manfaat yang telah ia berikan secara ikhlas ?. cukup, jangan hina lagi hujanku.

               Banyak pertanyaan ku tentang hujan bahkan teramat banyak untuk satu kata bernama hujan, kenapa ketika hujan turun kenangan masalalu terlukis kembali dari gemercik airnya ?. kenapa hujan terbagi menjadi beberapa tetesan ketika terjatuh ?. kenapa hujan ketika terjatuh tidak pernah merasa sakit ?. untuk pertanyaan ketiga memang terlihat konyol, tetapi hanya pertanyaan itu yang perlahan mampu ku jawab. Kenapa hujan ketika jatuh tidak pernah merasa sakit ? karena ketika ia terjatuh, ia jatuh bersama tetesan lainnya yang saling menguatkan. Ia jatuh kedunia tidak sendirian, ia jatuh bersama tetes lainnya yang saling menguatkan. Temannya tidak pernah meninggalkannya ketika terjatuh bahkan rela ikut bersamannya. sungguh beruntung kau hujan, aku iri terhadapmu.

               Aku lahir bersama hujan dan aku pun ingin seperti hujan. Seperti hujan yang tak pernah sombong, ketika berada diatas dan menjelma menjadi awan yang mengawasi  setiap manusia. Seperti hujan yang tak pernah mengeluh, ketika disuruh jatuh kebumi untuk memberi manfaat bagi manusia yang terkadang mencela.seperti hujan yang setia berhadap kawan.

N.GILANG

Negeri tanda tanya

aku tersesat dinegeri tanda tanya, dimana setiap rakyatnya hanya bisa bertanya. Seorang anak kecil bertanya “ mamah, Apakah aku bisa sekolah ?”. seorang pemuda bertanya  “masih adakah pekerjaan untukku ? “, Seorang ibu bertanya “harga terus naik, apakah keluarga ku bisa makan besok ?”, Bahkan seorang nenek pun bertanya “masih adakah lahan untuk menguburkan ku nanti ?”.

Wednesday, May 14, 2014

SEMANGAT JANGAN BERKARAT

menemukan kembali makna hidup yang dulu sempat redup
kadang terasa lelah tapi bukan menjadi alasan untuk menyerah
rasanya ingin mengeluh namun keluh tak punya pengaruh
mestinya ada semangat yang begitu membara dan hebat

6 bulan terakhir, semangat menggoreskan tinta mulai tak terasa
bulan kemarin, hampir menyerah karena asa wirausaha tak pernah berlaba
minggu kemarin, sempat terasa kuliah pun kehilangan makna
dan hari ini, semangat mengajar mulai tak terkejar

apa maunya aku ?
kehilangan makna akan diri sendiri
mulai melupakan kata " orang hebat terbiasa dengan tantangan dan nestapa "
mulai menyemati dan kembali fokus

semangat menulis bukan sekedar cari eksis
menyusun kembali jiwa enterpreneur meski ada cercaan yang buat minder
mengumpulkan puzzle semangat untuk kuliah, bukan sekedar cari gengsi namun semangat terkesan berkarat
dan semangat mengajar yang tak mengutamakan bayaran, jiwa ikhlas untuk mendidik salah satu cara investasi di akhirat nanti.

NN GBS

Sunday, May 4, 2014

Catatan guru alay part 1 "mimpi itu apa ? "

Setiap orang punya mimpi, karena aku juga termasuk orang, aku pantas dong punya mimpi ?. Mimpi aku sederhana. waktu kecil, aku bermimpi menjadi tukang cilok yang baik hati. Kalian tahu kan cilok? , cilok itu makanan khas jawa barat yang terbuat dari aci ( tepung) dan disajikan secara dicolok (ditusuk). Mimpi aku untuk jadi tukang cilok bukan tanpa alasan. Ketika aku kecil, aku sering jajan cilok. Lazimnya anak usia 6-8 tahun, ketika di tanya makanan pokok kalian apa ? , kebanyakan menjawab nasi, kecuali orang papua yang makan sagu, tapi aku beda. Ketika ditanya oleh guru makanan pokok kalian apa ? serentak siswa lain menjawab nasi cuma aku sendiri  dengan percaya diri dan keras menjawab “cilok bu ?”. ibu guru pun cuma tersenyum, tanpa penjelasan benar atau tidak. Aku makin yakin bahwa cilok adalah makanan pokok, setidaknya makanan pokok bagi aku sendiri.

Ketika umur ku menginjak 7 tahun, mimpi menjadi tukang cilok makin menggebu. Dipicu pertemuan ku dengan  seorang tukang cilok, namanya mang ocid. Di lihat secara fisik tak ada yang istimewa dari mang ocid, seperti tukang cilok biasanya dengan handuk yang menggantung dileher dan gerobak dorong  menjadi pelengkap, tapi ada hal yang cukup berbeda dari tukang cilok lainnya, Setiap kali aku beli cilok ke mang ocid, ia ga pernah minta bayaran. Sungguh mulia hati mang ocid, layak banget  dapat penghargaan tukang cilok of the year. Dari hari ke hari, aku makin kagum dengan mang ocid. Berapa banyak cilok yang aku makan ia tak pernah meminta bayaran, terharu banget dengan sikap mang ocid yang sungguh baik terhadap ku. andaikan mang ocid seorang wanita akan ku jadikan seorang istri, tapi jika mang ocid  seorang lelaki maka akan ku jadi tukang cilok . Saking sukanya dengan cilok, aku sempat berpikir kalau punya anak nanti  ku beri nama Suci dasli mansip ( Suka Cilok peDAS sekaLI MANtap SIP).

Friday, May 2, 2014

UNTUK KAMI, ORANG-ORANG YANG TERLUPAKAN


Pendidikan sudah menjadi komoditas
Namun saat guru-guru lapar sulit rasanya untuk ikhlas
Menerima uang yang tak layak disebut gaji
Hanya rupiah dengan 4 nominal angka yang diterima

Tak sedikit dari kami
Berkeliling tiap hari
Mengajar beberapa sekolah dari pagi hingga sore hari
Agar perut tak protes lapar lagi

Saat buruh teriak-teriak minta naik gaji karena memproduksi puluhan benda mati
Kami diam karena sudah bosan menyuarakan tapi tak pernah bosan memproduksi generasi terbaik negeri

Bukan kami tak mau teriak dengan lantang, berorasi puluhan keluhan
Tak mau ketika berorasi
Murid-murid kami menjadi saksi
Bahwa guru yah haus akan materi

Andai jika kami tak pernah lapar
Tanpa keluhan kami siap di gaji ribuan
Tapi kami tetap manusia, ada keluarga yang punya perut untuk diberikan makan

Tersemat di dada tulisan pahlawan tanpa tanda jasa
Kami ada dan hanya untuk dilupa

"Salam HARDIKNAS"

NN GBS

Wednesday, April 23, 2014

Tanah anarki

Ini tanah anarki, dimana dengki merajai negeri

Pemimpin sibuk cari kursi dengan modal janji-janji dan uang dua puluh ribu, cukup indah untuk dipakai menipu

Penipu ulung yang kurang beruntung tak bisa duduk di istana, rumah sakit jiwa jadi pelampiasan mereka.

Ditanah anarki, koalisi untuk memajukan negeri hanya bungkusan untuk mencari kesempatan menikam

Rakyat seolah ditakdirkan untuk melarat sementara konglomerat barat nyaman beristirahat dengan cukong keparat

Tanah anarki, tempat nyaman untuk menebar janji dan korupsi

NN GBS

Saturday, April 19, 2014

Aku dan perempuan bermata biru


Ini tentang aku yang tak lelah menjadi pengagum rahasiamu
Dibalik kaca kusam, pandangan terarah tajam ke perempuan bermata biru dengan polesan jilbab ungu

Muka sayu dengan tatapan malu-malu, masih kupandangi lewat jendela dengan kaca kusam.

Lewat kaca kusam pikiran ku menerawang masa depan
Andai bisa bersanding diantara aku, penghulu dan kamu
Rasanya bahagia adalah kata wajib

Sayangnya cinta hanya tumbuh 3 hari meski benihnya ku jaga dihati.

Dengan tega memangkas, disaat harum bunga dan cinta mulai berbekas

Selain matamu yang ternyata tak berwarna biru, cintamu juga palsu

Aku mohon tidak ada rasa benci yang hadir untuknya meski luka- luka yang tertinggal cukup dalam

Setidaknya bukan kematian yang memisahkan kita tapi pendirian yang berubah haluan mencari pria idaman selain aku

Diujung penantian, perempuan dengan softlens berwarna biru
Dengan seluruh luka yang kau beri, tiada benci terhadapmu

NN GBS

Thursday, April 17, 2014

generasi anti keluh


generasi muda yang anti ngeluh ketika HP sepi
tak resah bila tak ada notifikasi BBM,twitter hingga FB
tetap semangat meskipun tak ada yang mengucapkan udah makan ? dan selamat pagi

bukan generasi selfie, hobby foto diri dengan behel di gigi
bukan generasi nunduk, pemijat sejati HP terkini
bukan penabung janin, 2 bulan nikah tapi sudah punya bocah

negara ini tidak dibangun oleh generasi "uyuhan"
lihatlah gajah mada yang menyatukan nusantara
seorang pemuda yang dengan kukuh pemegang sumpah palapa
ksatria yang tak punya akun twitter tetapi tetap "pinter"

negeri ini bukan surga tak ada tempat untuk goyang "morena"
sudahi ngeluh di fb karena negeri tak butuh orang pengeluh sejati
bangkit dengan karya dan buktikan indonesia bukan hanya hebat di peta

NN GBS

Sastra pemimpin negeri

Para politisi sedang berbalas puisi
Garuda menganggap banteng muda boneka
Banteng membalas dengan mengungkit dosa lama garuda
Rakyat tak tahu, mereka nyata atau main drama?

Kami bingung, siapa yg akan menjadi payung?
Peduli negeri yang bukan sekedar adu gengsi
Sudahi saja mengungkit masalalu, kita bersama bangun negeri dari hulu.

Entah mau garuda atau banteng muda yang jadi pemimpin nusantara, jangan ada saling cela, toh kita sama. Generasi terbaik indonesia

NN GBS

Ujian termarjinal

Ujian yang tak teruji merajai negeri
Kertas-kertas penentu penghindar rasa malu
harus terisi dengan bulat-bulatan basi
harus lulus meski belajar terkesan tak tulus

potret negeri, memaksa kami untuk pintar dengan cara kurang ajar
mendapatkan satu lembar deretan nilai hasil rekayasa
hak-hak kami diperkosa
dipaksa pintar matematika padahal kami tak suka

mendidik generasi ahli logika dengan menghilangkan rasa cinta
ahh, menghasilkan orang pintar yang membodohi bangsa

manusia itu berbeda, tapi mengapa diukur pintar dengan cara yang sama ?

NN GBS

Saturday, March 8, 2014

Negeri krisna


Di negeri krisna, wanita seolah menjadi " pabrik manusia"
menggadaikan rahim, seolah ruppe adalah harga

Di negeri krisna, wanita kehilangan hak menuntut
sikap lembut dan penurut adalah alasan kehilangan rasa sopan

Di negeri krisna, wanita dijadikan manusia kasta dua
ia dipaksa patuh atas perintah yang di suruh

negeri krisna , sudah kehilangan jiwa brahma
Di agama apapun, wanita adalah pondasi penguat negeri

saat harga diri wanita sudah tergadai
negeri krisna tinggal menunggu badai

NN GBS

manusia dibawah garis kemiskinan

manusia dibawah garis kemiskinan

biarlah mereka meledek, ketika sebagian orang memilih jadi tukang lotek
biarlah mereka menghina, ketika hanya jualan pulsa
biarlah mereka mencaci, ketika ada penjual bungkus nasi

tapi setidaknya aku bukan, 
bukan orang berdasi yang jarinya menari didepan komputer penentu gaji
bukan orang kaya yang ditahan KPK karena menjual retorika
bukan makelar perkara yang menjual keadilan bagi para penguasa

aku hanya penjual yang menawarkan apa yang bisa diberi
bukan pengobral visi, memberi makan satu hari tapi kelaparan 5 tahun karena janji tak tertepati

sudahlah jangan larang dan caci, ketika aku cari sesuap nasi
aku hanya tak ingin lapar, tak butuh kilauan mobil jaguar

ketika ku tahu, puluhan orang indonesia masuk dalam deretan terkaya di dunia
ketika ku juga tahu, puluhan ribu orang lapar dan hanya kematian adalah penawar 

ini jeritan aku, manusia dibawah garis kemiskinan


NN GBS