Monday, March 14, 2016

Dalam diam penuh kesan

"Bawalah buku kemana pun karena dengan menggenggam saja kau terlihat pintar apalagi membacanya"

Quate di atas terinspirasi dari penjaga toko buku. entah kenapa diri ini selalu kagum dengannya. Di mata saya, dia terlihat pintar dengan tumpukan buku disekitarnya, sekalipun tak pernah tahu apakah dia membaca semua buku yang ia jaga. Diri ini makin bergetar jika bertemu dengan sosok perempuan penyuka buku, tetiba ingin bertemu dengan orangtuanya untuk melampirkan lamaran sebagai imam dari anaknya. Menurut pepatah "buku adalah gudangnya ilmu", sudah dapat dipastikan perempuan penyuka buka adalah sumber ilmu, tempat anaknya bertanya dan belajar. Ingin sekali rasanya punya anak yang pintar dalam berbagai hal, maka perempuan penyuka baca dan tulis adalah calon istri yang sangat tepat. eitsss tapi ada perempuan yang tidak direkomendasikan dijadikan calon istri, perempuan penyuka buku hutang. Saya percaya perempuan kece pembaca tulisan ini tidak punya hutang, kecuali hutang kesetian kepadaku, eh itu bercanda jangan ditimpuk.

Berbicara tentang buku, tentu ada beberapa buku dengan kenangan mendalam bagi kehidupan saya. Hampir sama seperti mantan tak alfa memberikan kenangan nan menyakitkan, bedanya buku hadir tanpa kata sakit bahkan memberikan cahaya untuk menerangi gelapnya kebodohan. Selama diri ini hidup terdapat lima buku yang memberikan kesan mendalam. Yuk kita simak apa saja.

1.Al-quran

Hasil gambar untuk al-quranSumber : arraayah.ac.id
Al-quran bukan sekedar kertas dengan tulisan berbahasa arab, petunjuk hidup manusia tersemat di dalamnya. Buku ciptaan manusia hanya dengan beberapa kali membaca, rasa bosan sudah hinggap di dada tetapi Al-quran tak pernah menghadirkan rasa yang sama. Satu-satunya  buku paling laris di dunia takkan pernah ada saingan dalam hal makna dan kegunaan, Ratusan juta orang berusaha menghapalkannya. Jika terdapat royalti dari setiap pembeliannya, dapat dipastikan ribuan triliun dollar dapat dihasilkan. Penulis maha hebat, pencipta semesta serta pemilik nyawa kita, Allah SWT.

2. Metode Penelitian Pendidikan Karya Prof Sugiyono



Salah satu buku yang setia menemaniku setidaknya 6 bulan ke belakang, lebih setia dari si cinta, cinta entah hilang kemana. Buku ini paling sering dibawa tidur, selain memiliki fungsi sebagai bahan bacaan, selimut dan bantal adalah fungsi lainnya. Entah berapa liter air liur yang sudah membasahi buku ini. Referensi skripsi paling keren dan teman dalam perjuangan meraih impian.

3 Novel "Revolution 2020" Karya Chetan Bhagat



Novel paling berbahaya yang pernah saya baca. Indikasi setelah membaca novel ini, seketika langsung Baper (Bawa perasaan) disertai rasa ngilu di dada. Menceritakan seseorang yang bernama Gopal, Pemuda sukses nan kaya namun sepi karena tak punya cinta. Jika ingin mengetahui cerita utuhnya dapat mengunjungi toko buku kesayangan pembaca, hanya saja harus mempersiapkan baju besi agar dada tidak terlalu tersayat karenanya.

4. Buku Karya Sendiri


Upaya mengabadikan sejarah dengan menuliskannya, tak dipungkiri rasa bahagia hinggap ketika buah pikiran berubah bentuk menjadi buku, sekalipun dicetak bukan oleh penerbit mayor. Dalam setiap lembarnya terdapat perjuangan ekstra memeras ide di kepala. Menulis buku sama susah dengan menulis nama calon di undangan pernikahan, tidak lucu ketika membuat undangan, calonnya dikosongkan. Tak mengapa jika seribu orang menghujat karya kita, setidaknya ada satu orang yang setia mencintai yaitu kita sendiri.

5. Buku Nikah

Hasil gambar untuk buku nikah  Sumber : dcputranto.blogspot.com

Seorang pria yang mempunyai buku nikah kadar kecenya akan naik 20%, kata bijak nan menyakitkan itu saya dapatkan di alam mimpi. Kumpulan kertas dengan cover garuda yang diterbitkan oleh KUA publisher ini adalah buku yang sangat dicari oleh kaum fakir asmara. Tak mudah untuk mendapatnya harus ada calon dan komitmen kuat sebagai syarat. Pernah berniat membeli buku nikah ke Gramedia, sayang seribu sayang tak akan pernah ada.

lima buku paling berkesan yang ingin dan sudah saya miliki, nah buku mana saja yang belum pembaca miliki ?. Bagi yang belum punya buku nikah, yuk kita buat bareng-bareng tapi ada syaratnya kalian single dan berjenis kelamin perempuan.

"Buku ialah teman dalam diam penuh kesan"

Reactions:

18 comments:

Riendra siswin Rohmawatiningrum said...

MelihatvBuku yg pertama menenangkan hati , namun ketenangan itu terguncang saat melihat buku terakhir...
Boleh tuch jadi inspirasi kalo nembak cewe , ga perlu kasih bunga ato cincin...cukup sodorkan buku kelima dan katakan" BERSEDIAKAH KAU TULIS NAMAMU DI BAWAH NAMAKU DLM BUKU KECIL INI?" ....Hahahha

Riendra siswin Rohmawatiningrum said...

MelihatvBuku yg pertama menenangkan hati , namun ketenangan itu terguncang saat melihat buku terakhir...
Boleh tuch jadi inspirasi kalo nembak cewe , ga perlu kasih bunga ato cincin...cukup sodorkan buku kelima dan katakan" BERSEDIAKAH KAU TULIS NAMAMU DI BAWAH NAMAKU DLM BUKU KECIL INI?" ....Hahahha

lisa lestari said...

Bagus, Lang. Jadi mikir..buku favoritku dan terbaik apa yaaa..

lisa lestari said...

Bagus, Lang. Jadi mikir..buku favoritku dan terbaik apa yaaa..

Tety Di Sini said...

Buku di urutan terakhir, kapan terbitnya ya? hehe... ^__^

eMKa Nahrawi said...

Buku yang terakhir pake penerbit indie aja..:-)

Menanti Salam Lewat Bintang said...

Keren, buku karya sendiri tuh judulnya apa? Bukan penerbit sendiri berarti indie, yah? #asal tebak aja...

Buku yg pertama jangan sampai bosan, kalau bosan bahaya... :)

Dessy R said...

Selalu kreatif... buku kelima itu, kecil tapi harganya paling mahal, lang.. :D :)

Wiwid Nurwidayati said...

Buku no 1 harus menjadi favorite kita ya Dan harus seeing dibaca..

Buku ke 5 tak doain mas Gilang cepet dapetnya yg Sudan diakui negara

Buku karya sendiri...masih punya stockkah?

mual limah said...

lagi2 gokil.. 😁👍👍👍

Sasmitha A. Lia said...

Selalu kece mas gilang nulisnya..😃👍👍👍 semoga buku terakhir cepat terbit ya.. aamiin..

juni dwiriyanti said...

Udah keduluan gilang nulus buku favorit yg kelima. Padahal Baru mau tak tulis itu.

juni dwiriyanti said...

Udah keduluan gilang nulus buku favorit yg kelima. Padahal Baru mau tak tulis itu.

nur apriliyani said...

Hahahaha aku begitu kagum dari buku 1,2,3,4 dan..... buku ke-5 kok aku ngakak ya Bang???

Oke maaf. Hahaahaa

Vinny Martina said...

Teteeeep.. galaunya selalu terselip dalam membahas apapun di blog bang gilang. :-D

Deasy Sang Pemimpi said...

Hahaha..
Buku ke lima nya semoga segera terbit ya Bang Gilang.
Biar gak galau terus 😄

Deasy Sang Pemimpi said...

Hahaha..
Buku ke lima nya semoga segera terbit ya Bang Gilang.
Biar gak galau terus 😄

Ciani L said...

Mantaapp bang (y)