Wednesday, February 1, 2017

Ssssst, Ini Rahasia

Di balik layar kewibawaan seorang guru tersimpan beberapa sifat unik di dalam kepribadiannya. Kebetulan goresan takdir mengantarkanku untuk menekuni profesi mulia ini, hampir empat tahun sudah mengajar dedek-dedek gemes anak SMK. Nggak gemes gimana, tingkah mereka yang lucu dan unik menjadi penyemangat tersendiri.

Ternyata keunikan dan tingkah lucu tak hanya di monopoli oleh anak didiknya saja, guru-gurunya pun tak kalah kocak. Kisah kocak para pahlawan tanpa tanda jasa, aku rangkum di dalam tulisan ini. Pertama guru SBK atau kepanjangan dari seni budaya dan keterampilan (Huft panjang banget, jadi tahu alasannya disingkat jadi SBK) Ibu guru pengajar SBK ini paling sering galau, bukan karena muridnya nakal tapi galau karena cinta. Alkisah sang guru SBK ini ditinggal tugas oleh pacarnya yang harus mengajar di pedalaman papua selama 2 tahun, sabar Bu cintamu kandas oleh tugas. Setidaknya masih punya seseorang yang dirindu. Diluar sana banyak manusia yang bahkan tak tahu dirimu untuk siapa ( Baca jomblo, uhuks jangan timpuk aku)

Guru kedua terunik, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Ibu super sibuk yang satu ini paling "doyan" drama Korea meskipun tumpukan tugas mendera, drama Korea tak pernah terlewat. Mungkin jika oranglain kebutuhan utamanya itu makanan dan pakaian, lain halnya dengan Bu guru ini. Film Korea laksana makan kalau nggak nonton akan lesu, lunglai dan rentan galau. Ibu wakasek ini pun berperan dalam menyebarkan penyakit drama Korea. Hampir semua terpengaruh nonton drama Korea dari beliau. Semoga aku dikuatkan dari drama Korea, yang artisnya begitu menggoda.

Ketiga, Ibu guru PAI atau pendidikan agama Islam. Kalau saja ada anugrah guru terpendiam sedunia mungkin saja beliau menjadi pemenangnya. Selama kenal beberapa tahun, aku tak pernah mengobrol lebih dari tiga kata dengannya. Jawabnya selalu "Ya" atau "Tidak". Padahal di kelasnya beliau mengajar dengan penuh antusias. Kenapa aku tahu ? karena saking penasarannya aku pernah mengintip ke kelasnya. Aku kira mengajar dengan isyarat (Ibu guru ampun udah berburuk sangka) ternyata beliau luarbiasa public speakingnya. Walaupun sering digodai anak-anak cowok yang iseng, dia hanya tersenyun. Wajar sih digodai, Bu guru PAI berstatus tuna asmara (istilah halus untuk jomblo) dan berwajah cantik. Pantas saja siswa-siswa suka genit.

Jika urutan satu hingga tiga guru terunik di sekolahku ditempati oleh kaum Hawa maka posisi keempat barulah ada sosok Adam. Kali ini pelakunya adalah guru olahraga. Entah kenapa beliau ini seolah perpaduan Ariel Noah dan Sule, di sisi lain suaranya mirip Ariel tapi di sisi sebaliknya pintar mengocok perut. Entah apa yang ada di dalam pikirannya, dia selalu mengaku sebagai Haji meskipun belum pernah ke Tanah suci. Parahnya semua guru memanggilnya Pak Haji termasuk aku (Mungkin beliau bercita-cita menjadi seperti Haji Rhoma Irama, Terlaaaluuu). Hal kocak lainnya, setiap harinya selalu men-scan uang seratus ribu dan mengguntingnya hingga menyerupai uang sungguhan lalu membagikannya ke guru-guru, mungkin beliau mau sedekah dengan uang palsu. Beliau pernah bercerita memberikan uang palsu itu ke oknum polisi yang sering menilang pengendara secara ilegal. Ketika polisi meminta uang ia memberikan uang palsu. Lalu melanjutkan perjalanan tanpa dosa. Jangan ditiru yah, Guru ini sedikit nakal harus dicubit manja. Haha.

Tak ada yang sempurna begitu pun dengan guru. Di balik sikapnya yang menjadi panutan tersimpan sisi unik di dalam dirinya. Sssst, Ini rahasia. Jangan kasih tahu siswa.

Reactions:

4 comments:

Wiwid Nurwidayati said...

Wow..banyak guru unik aa"

Ciani L said...

Hhii.. Guru juga manusia..

Inet Bean said...

Kalau Aa Gilang, guru yang suka selfie :D

lisa lestari said...

Wkwkwkwk.. Lucu amat tuh guru PJOK.. Nggak kebayang wajah pak polisi yg hbs nilang