Tuesday, April 18, 2017

Apalah Arti Sebuah Nama ?

William Shakespear pernah berkata "Jauhi narkoba, dekati janda," eh berasa ada yang janggal deh. Sepertinya aku salah kutip, wajarlah cowok memang selalu salah.
Shaskespear tidak hanya terkenal dengan karyanya Romeo and Juliet tapi termasyhur pula dengan sebuah quote "Apalah arti sebuah nama" Shakespear berkata seperti itu karena alasannya perihal sebuah bunga mawar yang andaikata tidak diberi nama mawar, akan sama saja wanginya.

Di Indonesia nama bisa menjadi tolak ukur berbagai hal dari suku hingga keturunan raja. Misalkan yang namanya Ujang kemungkinan besar berasal dari suku Sunda karena aneh juga kalau orang Kanada namanya Ujang, tetapi di zaman kekinian nama tidak lagi mencerminkan dari suku mana dia berasal. Banyak orang yang memberikan nama anaknya tidak sesuai dengan darimana dia berasal, mungkin biar kekinian.

Contoh sederhananya ialah namaku "Nychken Gilang Bedy S" dari SD hingga kuliah banyak yang menyangka aku keturunan Rusia. Keren juga yah disangka keturunan Rusia meski wajah dan postur badan tidak mendukung pernyataan itu. Aku pernah bertanya ke bapak tentang alasan pemberian nama yang unik ini.

"Pak mau tanya alasan bapak memberikan nama aku yang unik dan panjang ini apa ?"

"Mau tahu ?"

"Iya Pak,"

"Goceng dulu,"

Eh ternyata bapakku Pak Ogah. Beliau memberikan alasan bahwa pemberian namaku terilhami dari Nike Ardila, artis tahun 90-an. Bapak sangat ngefans kepadanya. Nama Nike diotak-atik sedemikian rupa jadilah "Nychken". Kalau "Gilang" merupakan doa agar anaknya menjadi orang yang gemilang. "Bedy" asalnya akan memakai kata "Brandy" agar anaknya mempunyai merk/citra di masyarakat tetapi bapak akhirnya tersadar bahwa "Brandy" adalah merk minuman keras maka jadilah "Bedy" plesetan dari berbudi. "Setiawan" adalah nama belakang bapak, akronim dari setiakawan. Kata "Setiawan" disematkan juga untuk kedua adikku. tetapi karena namaku sudah terlampau panjang di ijazah dan akta lahir setiawan di singkat "S" saja. Miris juga sampai nggak cukup.

Nama adik-adikku juga tidak mencerminkan dari mana mereka berasal misalkan adik pertamaku "Chandika Lira Viery Setiawan" karena ditelisik secara bahasa adikku ini sungguh tidak jelas berasal dari mana dia. Ada tiga negara dalam namanya. "Chandika" kependekan dari Chan yang artinya panggilan untuk anak kecil di Jepang. "Lira" tentu itu mata uang Itali selain Euro. "Viery" nama pemain sepakbola asal Itali. "Setiawan" ngga usah dijelasin yah sama dengan punyaku. Namanya yang panjang itu seakan tidak berguna karena dia memanggil dirinya sendiri dengan sebutan "Ata" ah gagal paham berasal dari mana panggilan itu. Suka-suka dia deh, toh nama dia sendiri.

Adik keduaku namanya "Putra Pamungkas Wicaksono Setiawan". Seperti biasa namanya panjang dan penuh arti. "Putra" artinya anak laki-laki, yailah kalau perempuan putri haha. "Pamungkas" artinya terakhir, jadi wajar kalau dia bungsu. "Wicaksono" artinya bijaksana, eh kenapa Wicaksono nggak Wicaksana yang lebih nyunda ? ngga tahu itu keinginan bapak. "Setiawan" wajib ada. Dari panjangnya nama adikku dia memanggil dirinya sendiri dengan sebutan "Uta" What ??? Kasihan bapak udah ngasih nama panjang tetapi malah diselewengkan anaknya.

Jika bapak memberikan nama anak-anaknya amat panjang, beda hal dengan kakekku. Anaknya diberi nama pendek-pendek hanya satu kata " Encu, Syarifudin, Aneng" tetapi ada persamaan antara bapak dan kakek. Nama yang diberikan kepada anaknya hanya untuk KTP saja. Nama asli mereka telah luntur diganti nama panggilan. Pukpuk bapak dan kakek.

Di akhir tulisan aku mau menyatakan ketidaksetujuan dengan pertanyaan Shakespear. Dalam Islam nama adalah sebuah doa. Orangtua yang baik akan memberikan nama yang baik juga untuk anaknya karena dibalik nama yang dia berikan ada harapan yang disematkan, Eh kalau aku punya anak nanti, cukup memakai satu atau dua kata aja deh biar nggak lama ngisi kolom identitas.

Reactions:

4 comments:

Ciani L said...

Susaaah ngapalin namanya, puanjang sekalii

intan legita said...

Hahaha, tulisanmu renyah seperti biasa, A

nur apriliyani said...

Ahhh namakunsih artinya cahaya di bulan April. 😄😄😄

Rouf Almahbangy said...

Wkwkwk. Salam Kenal Aa Gilang.