Thursday, November 16, 2017

Jangan Kerja Keras

Zaman dulu kala kalau ingin sukses sebagian besar diberi nasihat "Kamu harus kerja keras agar jadi orang," waait berarti sekarang saya masih setengah orang, makhluk halus dong. Memang sih saya makhluk berhati halus *Pasang kaca mata*

Tidak dipungkiri di zaman now kadar kesuksesan seseorang diukur dari materi, seberapa banyak punya uang, mobil, dan rumah.
Sebenarnya definisi sukses ialah keberhasilan seseorang dalam meraih cita-citanya. Kalau merujuk ke definisi tersebut saya belumlah sukses karena cita-cita saya ingin menjadi penjual keripik, eh tahunya malah menjelma penjual kegalauan 😂.

Baiklah kita sepakati saja bahwa kesuksesan diukur dari seberapa banyak harta yang dipunya, meski bukan hanya itu saja sebenarnya. Lalu di zaman now kesuksesan harus diraih dengan kerja keras ? tidak sepenuhnya. Banyak orang yang sudah bekerja keras toh hanya begitu-begitu saja.
Ada yang kerja dari subuh hingga subuh lagi tapi hanya cukup untuk makan ? Ada bahkan untuk makan saja tidak cukup. Ada pula yang "hanya" memandangi layar bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan.

Sesungguhnya di zaman now kerja keras saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, melihat celah peluang usaha atau kerja pintar adalah keterampilan yang harus dimiliki agar hidup tidak hanya dihabiskan untuk mencari makan.

Reactions:

1 comments:

Ciani L said...

Oh gitu ternyata. Oke, catat.